UPAYA PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

IVANA TANTI LARASARI, 126209201028 (2024) UPAYA PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Pembentukan Nilai Karakter Peduli Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung” Ditulis oleh Ivana Tanti Larasari, NIM 126209201028, Progam Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata kunci : Upaya Pembentukan, Nilai Karakter Peduli Sosial, IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya nilai karakter peduli sosial di kalangan remaja terbukti dengan banyaknya kasus kenakalan remaja yaitu kurangnya pergaulan, kurangnya rasa peduli, perkelahian dan kurangnya rasa tolong-menolong di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Adanya latar belakang tersebut membutuhkan upaya dan perhatian dari guru IPS dalam membentuk sikap peduli sosial pada siswa. Adapun fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, 3) Bagaimana dampak pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Adapun tujuan pada penelitian ini yaitu 1) Untuk menjelaskan pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, 3) Untuk mengetahui dampak pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian deskriptif disajikan melalui kata-kata yang diuraikan, dipaparkan, dianalisis dan diambil kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu pihak sekolah dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS yaitu a) guru mencantumkan nilai peduli sosial ke dalam RPP dan Silabus, b) guru mengintegrasikan nilai peduli sosial melalui kegiatan pembelajaran IPS, c) guru menggunakan metode pembelajaran yang membentuk nilai peduli sosial, d) guru memberikan contoh sikap peduli sosial pada siswa, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat nilai karakter peduli sosial di SMP Negeri 2 Sumbergempol yaitu faktor pendukung dari dukungan guru, kegiatan rutin, fasilitas kegiatan peduli sosial dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa, perbedaan latar belakang keluarga, pengaruh lingkungan masyarakat dan perkembangan kemajuan teknologi, 3) Dampak dari pembentukan nilai karakter peduli sosial melalui pembelajaran IPS yaitu berdampak positif bagi siswa dan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201028 IVANA TANTI LARASARI
Date Deposited: 20 Aug 2024 02:40
Last Modified: 20 Aug 2024 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51211

Actions (login required)

View Item View Item