MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri)

EDI YULIANTO, 12950121016 (2024) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING LEMBAGA (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Malang dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Kediri). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Disertasi dengan judul “Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga (Studi Multisitus di MAN 2 Kota Malang dan MAN 2 Kota Kediri” ini ditulis oleh Edi Yulianto. NIM 12950121016 Promotor oleh Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Daya Saing Penelitian dalam Desertasi ini dilatarbelakangi oleh fenomena lembaga pendidikan Islam yang meningkat daya saingnya, sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan umum dalam dunia pendidikan. Manajemen pemasaran menjadi salah satu faktor penting dan strategis dalam meningkatkan daya saing lembaga. Berdasarkan lembaga tes masuk perguruan tinggi, justru lembaga pendidikan Islam lah yang menduduki peringkat pertama sebagai lembaga dengan nilai tertinggi dan diterima di perguruan tinggi baik dalam negeri hingga luar negeri. Selain itu, daya kritis masyarakat terkait penilain tentang lembaga pendidikan Islam sangat berpengaruh terhadap kualitas lembaga. Fokus Penelitian dalam penulisan disertasi ini pada strategi dan bauran pemasaran lembaga pendidikan dalam meningkatkan daya saing. Adapun Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan merumuskan proposisi segmentasi pasar pendidikan, pemosisian, pendanaan, dan produk pendidikan Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian yaitu studi multisitus, pendekatan fenomenologi dan jenis penelitian lapangan. Temuan dan teori dipaparkan dengan menggunakan landasan berpikir fenomenologis, sedangkan informan dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling, yaitu proses pencarian data dan informan satu bergulir ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa (1) segmentasi pasar membagi kelompok siswa berdasarkan tingkat intelektual, kemudian kelompok pendidikan tersebut menginginkan belajar akademik atau pendidikan nonakademik, mengembangkan ketrampilan atau kualifikasi akademiknnya, segmentasi pasar dapat menganalisis lebih dalam mengenai calon siswa yang mendaftar dalam hal ini dilihat dari kebutuhan, pemahaman, preferensi dan tantangan yang dihadapi oleh siswa, (2) pemosisian yang dilakukan ialah memaksimalkan program unggulan dan program non unggulan lembaga pendidikannya kemudian kemudian menjaga hubungan dengan alumni agar mendapatkan informasi yang lebih banyak dan reputasi dan citra baik lembaga Pendidikan, (3) pendanaan pemasaran lembaga tersebut melihat dan memahami faktor dalam pembiayaannya mulai dari mulai dari tujuan pemasaran, evaluasi pasar, target audience, mix pemasaran, menentukan anggaran, memberikan pantauan, dan melakukan evaluasi tentunya hal tersebut bersifat fleksibel dan transparan, (4) Produk pemasaran lembaga pendidikan yakni menjaga performa program unggulannya supaya meningkat, produk unggulan yang dimiliki lembaga tersebut menjadi faktor penting dalam mendorong perkembangan lembaga pendidikan dan dapat meningkatkan daya saing dari lembaga pendidikan. Penelitian ini melengkapi teori tentang segmentasi pasar yang dikemukakan oleh Philip Kotler bahwa segmentasi karakteristik konsumen tidak hanya memiliki tiga aspek yaitu segmentasi demografi, segmentasi geografi dan segmentasi perilaku seperti yang di sampaikan oleh Philip Khotler melainkan ada juga segmentasi karakteristik intelektual yang mana pengelompokan siswa berdasarkan tingkat kemampuan atau sesuai dengan bakat minat yang dimiliki oleh setiap siswa dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran baik peningkatan akademis maupun nonakademis. Selain itu, hasil peneltian ini juga memperkuat pendapat Taufiq Amir tentang keharusan lembaga melakukan pembagian kelompok pendidikan, pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan jasa pendidikan. Kemudian penelitian ini memperkuat teori tentang pemosisian menurut Renald Kasali bahwa pemosisian berkaitan dengan cara pihak madrasah memposisikan lembaga pendidikannya dalam memberikan jasa yang berbeda dengan madrasahmadrasah lainnya.

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Ekonomi > Pemasaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12950121016 EDI YULIANTO
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:51
Last Modified: 21 Aug 2024 04:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51261

Actions (login required)

View Item View Item