KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA BELAJAR TIPE KOLB DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR

LIA KURNIAWATI NINGSIH, 12204183035 (2022) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA BELAJAR TIPE KOLB DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Trigonometri Berdasarkan Gaya Belajar Tipe Kolb di MA Ma’arif Udanawu Blitar”, ini ditulis oleh Lia Kurniawati Ningsih, NIM. 12204183035, dibimbing oleh Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Soal Cerita, Gaya Belajar Tipe Kolb. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang terjadi di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih tergolong rendah, dimana terdapat siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi perbandingan trigonometri. Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan matematika dengan menyajikan kembali ide-ide atau gagasan terkait permasalahan dalam matematika dalam bentuk lain seperti tulisan atau kata-kata (verbal), gambar, tabel, istilah-istilah, simbol matematika atau benda konkrit. Salah satu hal yang mempengaruhi tingkat kemampuan representasi matematis siswa adalah gaya belajar. Gaya belajar yang berbeda pada setiap siswa mengakibatkan perbedaan tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Oleh karena itu diperlukan latihan seperti mengerjakan soal cerita matematika serta siswa dan guru perlu mengetahui dan mengembangkan tipe gaya belajar siswa yang dominan dalam tipe gaya belajar kolb. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar diverger dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan trigonometri di MA Ma’arif Udanawu Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar assimilator dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan trigonometri di MA Ma’arif Udanawu Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar converger dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan trigonometri di MA Ma’arif Udanawu Blitar, (4) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar accomodator dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan trigonometri di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas X MIPS 3 MA Ma’arif Udanawu Blitar yaitu 2 siswa dari masing-masing tipe gaya belajar diverger, assimilator, converger, dan accomodator. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes tulis, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini yaitu meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki gaya belajar diverger mampu memenuhi semua indikator dari representasi verbal, representasi gambar dan representasi simbolik. 2) Kemampuan siswa yang memiliki gaya belajar assimilator mampu memenuhi semua indikator dari represenasi gambar, representasi simbolik, dan hanya mampu memenuhi salah satu dari dua indikator representasi verbal. 3) Kemampuan siswa yang memiliki gaya belajar converger mampu memenuhi semua indikator dari representasi gambar, representasi simbolik dan hanya mampu memenuhi satu dari dua indikator dari representasi verbal. 4) Kemampuan siswa yang memiliki gaya belajar accomodator mampu memenuhi semua indikator dari representasi verbal, representasi gambar, dan representasi simbolik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183035 LIA KURNIAWATI NINGSIH
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:29
Last Modified: 21 Aug 2024 06:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51288

Actions (login required)

View Item View Item