PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET KIMIA BERBASIS GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI KIMIA HIJAU KELAS X SMA/MA

SHELA RADHA RINDIANI, 126212201017 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET KIMIA BERBASIS GUIDED NOTE TAKING PADA MATERI KIMIA HIJAU KELAS X SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengembangan Media Booklet Kimia Berbasis Guided Note Taking pada Materi Kimia Hijau Kelas X SMA/MA” ini ditulis oleh Shela Radha Rindiani, NIM. 126212201017, dengan pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: booklet, guided note taking, kimia hijau Media pembelajaran menjadi salah satu faktor yang dapat membuat siswa lebih aktif sehingga proses penyampaian informasi dari guru ke siswa menjadi lebih mudah dipahami. Kenyataannya, guru masih kurang berinovasi pada media pembelajaran untuk membantu siswa memahami setiap topik pembelajaran, yang mana penyajian media terkesan monoton dan motivasi belajar siswa berkurang. Selain itu, terdapat materi kimia baru pada kurikulum merdeka, yaitu kimia hijau yang ketersediaan media pembelajarannya masih cukup terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran khususnya pada materi kimia hijau yang ringkas, mudah dibawa kemanapun dengan tampilan yang menarik dan siswa dapat menambah catatan penting pada media tersebut. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan yaitu booklet kimia berbasis guided note taking. Dengan memahami prinsip-prinsip kimia hijau, siswa dapat terlibat dalam pengembangan solusi untuk masalah lingkungan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media Booklet kimia berbasis Guided Note Taking pada materi Kimia hijau kelas X SMA/MA. (2) Menganalisis kevalidan pengembangan media Booklet kimia berbasis Guided Note Taking pada materi kimia hijau kelas X SMA/MA. (3) Menganalisis respon siswa terhadap pengembangan media Booklet kimia berbasis Guided Note Taking pada materi kimia hijau kelas X SMA/MA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan model penelitian 4D, tetapi dibatasi hanya sampai tahap 3D yakni pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) serta diikuti dengan uji validasi dan uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, uji validasi dan angket. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar validasi dan angket uji respon siswa. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu dosen dan guru kimia, serta subjek uji coba lapangan siswa kelas X A MAN 2 Blitar yang berjumlah 37 siswa. Data kemudian dianalisis dengan sistem deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pengembangan produk berupa Booklet Kimia Berbasis Guided Note Taking pada Materi kimia hijau Kelas X SMA/MA telah berhasil dilakukan, menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang diadaptasi menjadi 3D karena keterbatasan waktu dan tenaga, sehingga penelitian hanya sampai pada tahap uji coba terbatas (skala kecil). (2) Validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi memperoleh skor rata-rata persentase kelayakan materi sebesar 97% dengan kategori sangat valid dan pada validator ahli media memperoleh skor rata-rata persentase kelayakan media sebesar 99% dengan kategori sangat valid. (3) Berdasarkan hasil uji respon siswa memperoleh skor rata-rata persentase sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian media booklet kimia berbasis guided note taking pada materi kimia hijau kelas X SMA/MA yang dikembangkan ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201017 SHELA RADHA RINDIANI
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:42
Last Modified: 26 Aug 2024 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51296

Actions (login required)

View Item View Item