PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

AYU ANNISA, 12207193067 (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (859kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah dalam membina Kedisiplinan Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Ayu Annisa, NIM 12207193067, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Evy Ramadina S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Pembinaan Kedisiplinan, Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena krisis karakter kedisiplinan pada remaja saat ini. Kesadaran akan pentingnya kedisiplinan perlu untuk ditanamkan sedini mungkin kepada siswa sehingga dapat terbentuk karakter siswa yang disiplin. Pembinaan kedisiplinan siswa berkaitan erat dengan peran seorang kepala sekolah. SMK PGRI 1 Tulungagung selama ini telah dikenal memiliki budaya disiplin yang baik, SMK PGRI 1 Tulungagung menjadikan kedisiplinan sebagai dasar dalam mendidik siswa-siswinya, sehingga dapat dijadikan sebagai role model lembaga pendidikan dalam membina kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam membina kedisiplinan di SMK PGRI 1 Tulungagung dengan fokus penelitian sebagai berikut; 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam membina kedisiplinan siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung?; 2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam membina kedisiplinan siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung?; 3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam membina kedisiplinan siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif melalui langkah kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) Kepala sekolah sebagai manajer dalam membina kedisiplinan siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung melakukan perencanaan program pembinaan kedisiplinan, melakukan pengorganisasian tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan program pembinaan kedisiplinan, melakukan kerjasama dengan seluruh elemen yang ada di sekolah untuk melaksanakan pembinaan kedisiplinan dan melakukan pengendalian pembinaan kedisiplinan siswa melalui kegiatan evaluasi. 2) Kepala sekolah sebagai supervisor dalam membina kedisiplinan siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung melakukan pengawasan mulai dari pengecekan, penilaian, evaluasi, tindak lanjut sampai pembinaan ulang agar tujuan program pembinaan kedisiplinan yang telah dirancang diawal dapat tercapai. 3) Kepala sekolah sebagai motivator dalam membina kedisiplinan siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung berupaya untuk menumbuhkan motivasi dalam diri siswa dengan memberikan motivasi/dorongan secara lisan, memberlakukan apresiasi dan konsekuensi, menyebarluaskan sloganslogan positif di lingkungan sekolah, membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh warga sekolah, melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana pendidik, menjadi teladan dalam bersikap dan menjalankan kedisiplinan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193067 AYU ANNISA
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:43
Last Modified: 21 Aug 2024 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51313

Actions (login required)

View Item View Item