STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

NURUL MAULIDATUS SHOLIHAH, 126201203328 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (506kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nurul Maulidatus Sholihah. NIM. 126201203328. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata kunci: Strategi, Guru, Pembinaan Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kenyataan bahwa guru adalah fasilitator untuk peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan. Khususnya guru Pendidikan Agama Islam yang muatan materinya termasuk pembinaan akhlak peserta didik kepada Allah dan terhadap sesama manusia. SMPN 2 Ngantru Tulunggaung adalah sebuah lembaga pendidikan yang menerapkan prinsip – prinsip, dan pembinaan akhlak kedalam aktivitas sehari – hari. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian di lembaga ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMPN 2 Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMPN 2 Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMPN 2 Ngantru Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencaan strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMPN 2 Ngantru Tulungagung dilakukan dengan menyusun visi dan misi, membuat kegiatan yang dapat meningkatkan akhlak peserta didik, dan menyediakan sarana dan prasarana yang medukung pembinaan akhlak. (2) Pelaksanaan strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMPN 2 Ngantru Tulungagung adalah berdoa sebelum pembelajaran dimulai dan sesudah pembelajaran berakhir, pembiasaan shalat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, kegiatan jum’at syahdu, peringatan hari besar Islam, dan penerapan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) . (3) Evaluasi strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik SMPN 2 Ngantru Tulungagung evaluasi luar pembelajaran melalui pengamatan perubahan perilaku peserta didik dan memberi sanksi pelanggaran dan evaluasi bersama warga sekolah dalam memantau secara langsung tentang perubahan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203328 NURUL MAULIDATUS SHOLIHAH
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:31
Last Modified: 21 Aug 2024 08:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51400

Actions (login required)

View Item View Item