PENGUATAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI ERA NEW NORMAL (Studi Multi Situs di MI Perwanida Kota Blitar dan MI Al Hikmah Kabupaten Blitar)

LUTFIA DEVI MEYNA SARI, 128505203014 (2024) PENGUATAN BUDAYA RELIGIUS DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI ERA NEW NORMAL (Studi Multi Situs di MI Perwanida Kota Blitar dan MI Al Hikmah Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (246kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penguatan Budaya Religius dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Era New Normal (Studi Multi Situs di MI Perwanida Kota Blitar dan MI Al Hikmah Kabupaten Blitar” yang ditulis oleh Lutfia Devi Meyna Sari, NIM 128505203014, dibimbing oleh. Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Budaya Religius, Akhlakul Karimah, Era New Normal Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana sopan santun mulai hilang dan tingkat kesadaran peserta didik dalam berakhlak masih sangat kurang. Pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik mengenai perilaku dan sikap masih sangat umum. Peserta didik tidak tau cara menghormati dan menghargai terhadap sesama dan belum lagi peserta didik masih sangat sering mengacuhkan perintah orang yang lebih tua. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan masalah kurangnya kesadaran tersebut perlu adanya penanaman nilai-nilai religius secara menyeluruh, misalnya melalui penerapan penguatan budaya religius di suatu lembaga pendidikan. Pertanyaan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pendekatan penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah siswa pada era New Normal di MI Perwanida dan MI Al Hikmah? (2) Bagaimana pelaksanaan penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah siswa pada era New Normal di MI Perwanida dan MI Al Hikmah? (3) Bagaimana pengendalian penguatan budaya religius dalam membentuk akhlakul karimah siswa pada era New Normal di MI Perwanida dan MI Al Hikmah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penlitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi partisipan, Wawancara Mendalam, dan Dokumentasi. Analisis data berupa analisis dalam situs dan lintas situs. Pengecekan keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan budaya religius yaitu (1) Pendekatan penguatan budaya religius meliputi: Penanaman nilai-nilai religius, pemahaman konsep pengetauan, pembiasaan ibadah dan hal-hal yang membangun karakter religius, serta keteladanan, sebagai uswatun hasanah memberikan contoh yang baik bagi peserta didik. (2) Pelaksanaan penguatan meliputi: kegiatan harian yang rutin dilakukan setiap hari seperti bermusyafakah dengan bapak/ibu guru, apel pagi, berdoa di dalam kelas, sholat dhuha, tahfidz, sholat dhuhur dan mengaji Al-Quran, kegiatan mingguan meliputi jumat amal, istighotsah, yasinan dan tahlilan secara bersama-sama dengan tujuan melatih peserta didik bertanggungjawab, berani, peduli terhadap sesama dan dermawan. Kegiatan tahunan yakni mengadakan pondok romadhon dan peringatan hari-hari besar Islam (PHBI) dengan tujuan menanamkan konsep pengetahuan dan keislaman. (3) Pengendalian pelaksanaan budaya religius pada kedua situs penelitian dilakukan dengan cara pengawasan, pemberian sanksi, menjalin kerjasama dengan wali murid dan evaluasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203014 LUTFIA DEVI MEYNA SARI
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:49
Last Modified: 26 Aug 2024 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51401

Actions (login required)

View Item View Item