INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

HESTI MAI RENA WULAN, 126201202112 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Siswa di SMPN 1 Sumbergempol” yang ditulis oleh Hesti Mai Rena Wulan, NIM 126201202112 yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Asrop Safi’i, M. Ag. Kata Kunci: Internalisasi, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pembullyan remaja yang bealakangan ini muncul dalam berbagai media. Fenomena ini tidak dapat dibiarkan terus menerus karena dapat merusak nilai moral generasi penerus bangsa ini. Oleh karena itu Internalisasi nilai-nilai agama Islam dan pemberian pengetahuan atau pemahaman tentang ilmu agama sangatlah penting terutama dalam berperingai atau bertingkah laku yang baik. Agar nilai akhlak dan juga moral generasi penerus bangsa dapat terpupuk dan menjadi generasi penerus bangsa yang baik dengan naungan agama. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMPN 1 Sumbergempol? 2) Bagaimana transaksi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMPN 1 Sumbergempol? 3) Bagaimana transinternalisai nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMPN 1 Sumbergempol? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMPN 1 Sumbergempol 2) Mendeskripsikan transaksi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMPN 1 Sumbergempol 3) Mendeskripsikan transinternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SMPN 1 Sumbergempol. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, serta pemberian kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data yaitu dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Transformasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik di SMPN 1 Sumbergempol yang dilakukan dengan berupa penyampaian informasi atau pengetahuan kepada peserta didik, memberikan pengetahuan nilai agama kepada peserta didik melalui aspek kognitif peserta didik sehingga peserta didik mengerti akan nilai-nilai keagamaan. 2) Transaksi nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik di SMPN 1 Sumbergempol yang melalui komunikasi dua arah antara guru dengan peserta didik secara timbal balik sehingga menjadi sebuah interaksi, dengan adanya transaksi ini dapat mempengaruhi nilai dalam diri peserta didik, melalui contoh nilai keagamaan oleh pendidik atau guru sedangkan peserta didik dapat menerima nilai baru dan disesuaikan dengan dirinya. 3) Transinternalisasi nilai pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik di SMPN 1 Sumbergempol ini peserta didik setelah memperhatikan, dan juga mempraktekkannya dari apa yang telah diajarkan guru kemudian menerapkannya selalu. Maknanya pendidik atau guru tidak hanya memberikan kognitifitas atau pengetahuan serta timbal balik antara pendidik atau guru dengan peserta didik saja akan tetapi berbicara tentang perilaku dan kepribadian. Peserta didik mampu mempraktekkan apa yang telah diperoleh di sekolah dan ditanamkan pada dirinya hal ini dibuktikan dengan bagaimana ia bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202112 HESTI MAI RENA WULAN
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:08
Last Modified: 27 Aug 2024 06:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51478

Actions (login required)

View Item View Item