MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN (Customer Trust) (Studi Multisitus di SMP Sains Tebuireng Jombang dan SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk)

NOOR HAFIDHOH, 12950121048 (2024) MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN (Customer Trust) (Studi Multisitus di SMP Sains Tebuireng Jombang dan SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Disertasi dengan judul “Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan (Studi Multisitus di SMP Sains tebuireng Jombang dan SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk)” ditulis oleh Noor Hafidhoh, dengan promotor Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Kepercayaan Pelanggan Pendidikan merupakan upaya untuk membentuk manusia secara keseluruhan, utuh, lengkap, dan terpadu dalam segala aspek kemanusiaannya. Pendidikan yang bermutu merupakan fondasi pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan mampu secara proaktif menjawab tantangan zaman yang terus berubah. Pelaksanaan semua unsur pendidikan yang ada di lembaga pendidikan dapat berjalan dengan baik, jika dikelola dengan menggunakan konsep dan prinsip-prinsip manajemen dengan benar dan baik, hal ini akan berdampak pada efisiensi pelaksanaan program, meningkatnya kualitas, dan produktivitas pendidikan yang pada akhirnya menjadikan lembaga tersebut bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari beberapa pertanyaan mendasar. (1) Bagaimana perencanaan mutu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan di SMP Sains Tebuireng Jombang dan SMP Miftahul Huda Nganjuk? (2) Bagaimana pelaksanaan mutu terpadu dalam Meningkatkan kepercayaan pelanggan di SMP Sains Tebuireng Jombang dan SMP Miftahul Huda Nganjuk? (3) Bagaimana Pengendalian mutu terpadu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan di SMP Sains Tebuireng Jombang dan SMP Miftahul Huda Nganjuk? (4) Bagaimana perbaikan mutu terpadu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan di SMP Sains Tebuireng Jombang dan SMP Miftahul Huda Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multisitus. Sumber data meliputi informan, lokasi peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan teknik analisis Saldana, Miles dan Huberman. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui diskusi teman sejawat, triangulasi sumber data, dan triangulasi metode. Hasil penelitian: (1) perencanaan mutu terpadu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, di antaranya: sekolah memiliki kebijakan, tujuan, sasaran mutu yang jelas, penetapan standar penjaminan mutu sekolah, kebijakan sesuai perubahan 1standar nasional pendidikan (SNP) meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian, membentuk tim penjaminan mutu sekolah, prosedur manajemen (tugas yang jelas, rencana yang rinci, dan sistematis, ketentuanketentuan/aturan. (2) Pelaksanaan mutu terpadu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, di antaranya kepemimpinan yang kuat, sekolah memiliki keterbukaan (transparasi) manajemen, kurikulum dikembangkan sesuai perkembangan zaman (up to date), perangkat pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kompetensi lulusan, efektivitas proses belajar mengajar tinggi, tenaga pendidik dan kependidikan yang kompeten, pengelolaan yang efektif tenaga kependidikan, memiliki budaya islami yang khas dan sistem penilaian dengan belajar tuntas. (3) Pengendalian mutu terpadu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, di antaranya melakukan pengukuran ketercapaian standarisasi mutu dengan evaluasi melalui evaluasi diri sekolah yang dilaksanakan setahun sekali, monitoring oleh pengawas sekolah sesuai kebutuhan, evaluasi dan pemutakhiran kurikulum secara berkala, Asesmen Nasional (AN), sertifikasi guru dan peningkatan kompetensi profesional guru , akreditasi sekolah yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, memiliki program pembinaan peserta didik, sistem kemitraan sekolah dengan melibatkan masyarakat, memberikan pelayanan akademik yang baik. (4) Perbaikan mutu terpadu dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan, di antaranya memperkuat kurikulum, membangun hubungan baik dengan orang tua, dan masyarakat, memperkuat kapasitas manajemen sekolah, memperkuat sumber daya tenaga pendidik, dan kependidikan, sekolah memiliki evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan, membangun serta mengembangkan keunggulan kompetitif yang khas dan unik. Hasil penelitian ini memperkuat lima pilar teori Kaoru Ishikawa dalam pengembangan konsep manajemen mutu terpadu dan kontribusinya telah memberikan landasan penting bagi praktik manajemen mutu di seluruh dunia

Item Type: Disertasi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12950121048 NOOR HAFIDHOH
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:57
Last Modified: 26 Aug 2024 04:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51488

Actions (login required)

View Item View Item