SYEKH MAULANA ALMAS'UD, 126205203233 (2024) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (8MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Buntaran” ditulis oleh Syekh Maulana Almas’ud, NIM 126205203233, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Pelajar yang masih menginjak Madrasah Ibtidaiyah mempunyai tingkat rasa ingin tahu yang tinggi dan mempunyai daya tangkap yang kuat. Sehingga sangat mudah menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin dalam proses belajar mengajar untuk diterapkan dalam kehidupan seharihari dan untuk keberlangsungan hidup mereka nantinya. Fokus penelitian ini adalah 1.) Bagaimana perencanaan desain implementasi profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di Madrasah Ibtidaiyah Manba’ul Ulum Buntaran? 2.) Bagaimanakah pelaksanaan implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Ibtidaiyah Manba’ul Ulum Buntaran? 3.) Bagaimana evaluasi siswa dan guru dalam pelaksanaan implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Ibtidaiyah Manba’ul Ulum Buntaran? Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Upaya guru dalam merencanakan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MI Manbaul Ulum Buntaran terhadap perkembangan karakter peserta didik diawali dengan pemilihan tema dan penyusunan modul Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin oleh tim dari madrasah kemudian ditelaah dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. 2) Pelaksanaan implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MI Manbaul Ulum Buntaran secara umum guru mata mampu mengelola kelas dengan baik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu membuat layang-layang dan gelang. 3) Evaluasi implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di MI Manba’ul Ulum Buntaran yaitu guru melakukan tidak lanjut dalam mengembangkan karakter peserta didik yang dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi peserta didik. Peserta didik mempunyai kemampuan berfikir yang berbeda-beda dan guru akan terus menggali kemampuan peserta didik agar setiap peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dan karakter belajarnya yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203233 SYEKH MAULANA ALMAS'UD |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:11 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51522 |
Actions (login required)
View Item |