UPAYA GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IX DI SMPN 2 KEPUNG KABUPATEN KEDIRI

UMI NUR ATNI SETYANINGSIH, 126209201027 (2024) UPAYA GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IX DI SMPN 2 KEPUNG KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (691kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat siswa tentang membaca. Oleh sebab itu, guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial ikut berperan dalam membimbing dan membina siswa agar menjadi siswa yang minat membaca mengingat pentingnya membaca dalam kehidupan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru IPS dalam meningkatkan minat membaca siswa pada materi proklamasi kelas IX di SMPN 2 Kepung Kabupaten Kediri? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat yang terjadi dalam upaya guru IPS dalam meningkatkan gemar membaca siswa kelas IX di SMPN 2 Kepung Kabupaten Kediri. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan upaya guru IPS dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IX di SMPN 2 Kepung Kabupaten Kediri. Skripsi ini bermanfaat bagi Sekolah SMPN 2 Kepung Kabupaten Kediri sebagai masukan untuk meningkatkan upaya minat membaca siswa. Bagi guru, sebagai motivasi untuk meningkatkan perannya mengupayakan minat membaca siswa. Bagi siswa, sebagai sarana intropeksi untuk memperbaiki minat membaca. Bagi para pembaca/ peneliti lain sebagai acuan dan dijadikan rujukan atau refrensi bagi penelitian yang akan meneliti problem yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan – kegiatan yang ada di SMPN 2 Kepung Kabupaten Kediri, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang masalah yang diteliti, serta data dokumen sekolah. Teknik analisis data di lapangan menggunakan kondensasi data, redukasi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) upaya guru IPS dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IX di SMPN 2 Kepung Kabupaten Kediri yaitu dengan cara memotivasi siswa dengan menggunakan pembelajaran yang simple dan santai namun tetap memantau siswa dengan baik, memberikan contoh yang baik kepada siswa. Guru juga memberikan apresiasi kepada siswa seperti memberikan nilai, pujian, serta memvideokan siswa ketika presentasi. Selain itu upaya guru yaitu sebagai pengelola kelas, guru memastikan siswa ada didalam kelas, memastikan kebersihan dan kenyamanan kelas, dan mengupayakan pembelajaran berjalan dengan baik. 2) faktor pendukung upaya guru IPS dalam meningkatkan minat membaca kelas IX di SMPN 2 Kepung Kabupaten Kediri yaitu guru mencipatakan suasana kelas yang menyenangkan, minat membaca siswa yang tinggi, serta adanya fasilitas buku bacaan yang dibuat untuk menunjang pembelajaran siswa. Adapun faktor penghambat yaitu fokus siswa yang mulai menurun ditengah – tengah pembelajaran, kemampuan siswa yang berbeda – beda dan terdapat siswa yang malas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201027 UMI NUR ATNI SETYANINGSIH
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:11
Last Modified: 30 Aug 2024 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51551

Actions (login required)

View Item View Item