ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN 1 TULUNGAGUNG

RIZA RACHMAWATI FAUZIAH, 126211201014 (2024) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “analisis penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran fisika di man 1 tulingagung” ini ditulis oleh Riza Rachmawati Fauziah, NIM 126211201014, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Analisis, Kurikulum Merdeka Penelitian ini dilatarbelakangi karena peneliti menemukan beberapa sekolah yang sudah menerapkan kurikulum merdeka akan tetapi belum mengetahui proses maupun perangkat pembelajaran yang seharusnya ada. Pembelajaran masih terpusat pada guru dan sarana prasarana sekolah yang memadai. Guru diharuskan mempunyai banyak inovasi pada metode pembelajaran dan siswapun haruslah aktif agar proses belajar mengajar berjalan sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi melalui pendekatan pengamatan (observasi) pembelajaran dan wawancara yang dilakukan dengan waka kurikulum, salah satu guru fisika dan salah satu siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah display data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persiapan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka dilaksanakan sesuai aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) maupun kementerian Agama. Guru Fisika di MAN 1 Tulungagung memiliki media pembelajaran dan Inovasi yang Bagus. Sarana prasarana, media pembelajaran maupun alat untuk menunjang proses belajar mengajar agar berjalan dengan efektif. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran fisika dilakukan dengan baik. Tetapi sekolah masih belum melaksanakan kurikulum merdeka secara penuh dengan berintegrasi karena memiliki beberapa kendala dan masih melakukan adaptasi maupun penyesuaian terhadap perubahan yang ada. 3) Evaluasi yang dilaksanakan pada kurikulum merdeka ini menggunakan asesmen formatif dan sumatif dengan sitem Computer Asisted Test (CAT). Dimana asesmen sumatif dilaksanakan ketika diujung proses pembelajaran dan formatif dilakukan ketika satu materi telah selesai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201014 RIZA RACHMAWATI FAUZIAH
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:41
Last Modified: 26 Aug 2024 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51566

Actions (login required)

View Item View Item