PENGARUH PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP EFIKASI DIRI MENJADI GURU, DITINJAU DARI TINGKAT SEMESTER (Pada Mahasiswa Semester 4, 6 dan 8 Prodi PIAUD UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

FARRA ADIBA, 126206202038 (2024) PENGARUH PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA TERHADAP EFIKASI DIRI MENJADI GURU, DITINJAU DARI TINGKAT SEMESTER (Pada Mahasiswa Semester 4, 6 dan 8 Prodi PIAUD UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.....pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

kondisi mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini memiliki tingkat efikasi diri yang beragam. Berbagai persiapan sebagai seorang guru telah diperoleh mahasiswa pada pembelajaran yang diakumulasikan dalam nilai prestasi akademik mahasiswa berupa IPK dimanan seharusnya semakin tinggi nilai IPK yang diperoleh mampu menggambarkan luasnya pemahamam mahasiswa sehingga menimbulkan efikasi diri yang tinggi. Namun faktanya tidak semua mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan nilai IPK yang tinggi memiliki efikasi diri yang tinggi, kondisi yang anomali ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh prestasi akademik terhadap efikasi diri menjadi guru ditinjau dari tingkat semester. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini (1) Apakah terdapat pengaruh prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini terhadap efikasi diri menjadi guru, ditinjau dari tingkat semester pada mahasiswa semester 4 prodi PIAUD ? (2) Apakah terdapat pengaruh prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini terhadap efikasi diri menjadi guru, ditinjau dari tingkat semester pada mahasiswa semester 6 prodi PIAUD ? (3) Apakah terdapat pengaruh prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini terhadap efikasi diri menjadi guru, ditinjau dari tingkat semester pada mahasiswa semester 8 Prodi PIAUD ? adapun tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari prestasi akademik mahasiswa terhadap efikasi diri menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini semester 4, 6, dan 8. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, kuesioner dan dokumentasi. Observasi dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui permasaahn yang timbul pada mahasiswa sebagai bahan kajian. Kuesioner dibagikan oleh peneliti guna mengetehui tingkat efikasi diri menjadi guru pada mahasiswa. dokumentasi terkait dengan data prestasi akademik mahasiswa atau nilai IPK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan angka sebagai penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini terhadap efikasi diri menjadi guru pada mahasiswa semester 4 dengan pengaruh sebesar 9,6%, dengan perolehan nilai P sebesar 20.292 < 0.05 yang artinya variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. (2) tidak terdapat pengaruh prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini terhadap efikasi diri menjadi guru pada mahasiswa semester 6 dengan pengaruh sebesar 0,4% nilai P sebesar 0.729 > 0.05 yang artinya variabel independen memiliki pengaruh yang tidak signifikan. (3) tidak terdapat pengaruh prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini terhadap efikasi diri menjadi guru pada mahasiswa semester 8 besaran pengaruh 8.8% tidak terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai P sebesar 0.404 > 0.05 yang artinya variabel independen memiliki pengaruh yang tidak signifikan. Dengan demikian penelitian yang telah dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini mampu mengetahui pengaruh dari prestasi akademik mahasiswa dengan efikasi diri menjadi seorang guru dengan mempertimbangkan tingat semester, disertai dengan penyajian data berupa angka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202038 FARRA ADIBA
Date Deposited: 10 Sep 2024 07:10
Last Modified: 10 Sep 2024 07:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51694

Actions (login required)

View Item View Item