PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK PELANGIKU JOMBANG

RAFIKA ZATA ISMAH, 126206201004 (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK PELANGIKU JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rafika Zata Ismah, 126206201004, 2024, Penerapan Pendidikan Inklusi pada Pendidikan Anak Usia Dini di TK Pelangiku Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Pendidikan Anak Usia Dini TK Pelangiku Jombang adalah salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi di Jombang dengan menggunakan kurikulum merdeka berbasis pembelajaran proyek yang telah berjalan dengan baik. Pendidikan inklusi memberikan jaringan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus maaupun normal untuk mengikuti kegiatan belajar mengar tanpa melihat perbedaan maupun keterbatan yang dimiliki karena mendapatkan pendidikan yang layak itu hak setiap anak. keberagaman anak didik itu akan meningkatkan kemampuan mereka untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal. Hal tersebut menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang model penerapan pendidikan inklusi pada pendidikan anak usia dini di TK Pelangiku Jombang. Tujuan penelitian ini pertama untuk mendeskripsikan perencanaan, Kedua untuk mendeskripsikan proses pembelajaran anak usia dini di TK Pelangiku Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, Sumber data person: kepala sekolah, guru kelas dan guru terapis, place: bangunan, fasilitas, aktivitas dan kegiatan pembelajaran, paper: modul ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, membercheck. Hasil penelitian skripsi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa : a) Pada perencanaan pendidikan inklusi di TK Pelangiku terdapat beberapa perencanaan yang mulai dari waktu pelaksanaan kegiatan, visi dan misi serta tujuan sekolah yang melibatkan semua pihak sekolah yang dimulai guru kelas, terapis, kepala sekolah dan komite yayasan. b) Pelaksanaan pendidikan inklusi di TK Pelangiku merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan dengan anak yang berkebutuhan khusus dan anak yang normal. Dengan tujuan untuk saling menghargai semua keberagaman yang ada tanpa adanya pembeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201004 RAFIKA ZATA ISMAH
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:50
Last Modified: 27 Aug 2024 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51701

Actions (login required)

View Item View Item