PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR MATERI LARUTAN PENYANGGA PADA SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR

KHOLIFATUN NISA’, 12212193076 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR MATERI LARUTAN PENYANGGA PADA SISWA KELAS XI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI di MAN 2 Blitar” ini ditulis oleh Kholifatun Nisa’, NIM. 12212193076, dengan pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar, Larutan Penyangga Model pembelajaran konvensional merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan literasi sains dan hasil belajar. Model ini menjadikan pembelajaran terpusat pada guru sehingga tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk dapat mengkonstruksi pemahamannya. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa. Model Problem Based Learning (PBL) dipilih karena dapat mempersiapkan peserta didik untuk mengkaji dan meneliti masalah riil yang berhubungan dengan sains, menuntut peserta didik aktif dalam pembelajaran, sehingga menghasilkan pemahaman materi yang mendalam. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 2 Blitar; 2) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 2 Blitar; dan 3) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental group design tipe non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Blitar. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 2 Blitar yang dibuktikan dengan hasil uji t, dimana nilai Sig. (2-tailed) kelompok eksperimen yaitu 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 2 Blitar yang dibuktikan dengan hasil uji t, dimana nilai Sig. (2-tailed) kelompok eksperimen yaitu 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di MAN 2 Blitar yang dibuktikan dengan nilai signifikansi kemampuan literasi sains dan hasil belajar adalah 0,000. Nilai signifikansi menunjukkan 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212193076 Kholifatun Nisa'
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:32
Last Modified: 02 Sep 2024 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51715

Actions (login required)

View Item View Item