YESIKA DWI WIJAYANTI, 126206201008 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA BANARAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Yesika Dwi Wijayanti. NIM. 126206201008. 2024. Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Dharma Wanita Banaran”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Errifa Susulo, M.Pd. Kata Kunci: Media Busy Book, Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya penggunaan media sebagai sarana penunjang pembelajaran untuk menambah minat belajar anak dan sebagai stimulus perkembangan kognitf anak usia 5-6 tahun. Dalam menunjang perkembangan aspek kognitif 5-6 tahun perlu adanya media yang sesuai untuk memaksimalkan perkembangan, tetapi di lapangan media untuk menungjang perkembangan kognitif sangatlah minim. Maka dari itu peneliti mengembangkan media busy book untuk meningkatkan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan pada media busy book untuk meningkatkan aspek kognitif pada anak usia 5-6 tahun?. (2) Bagaimana kelayakan dan efektifitasan media busy book untuk meningkatkan aspek kognitif pada anak usia 5-6 tahun?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan merajuk pada model pengembangan Brog and Gall dengan menggunakan tujuh tahap dari sepuluh langkah pengenmbangan. Tujuh langkah di diantranya adalah: (1) potensi dan masalah,(2) pengumpulan data,(3) desain produk,(4) validasi desain,(5) revisi desain,(6) uji coba produk,(7) revisi produk. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu mendapatkan hasil kelayakan dari para ahli media, ahli materi, ahli kognitif, ahli kepraktisan dengan mendapatkan kategori “layak” dan “sangat layak”. Serta keefektifan media berdasarkan uji coba kelompok besar dan ujicoba kelompok kecil yang menyatakan adanya perbedaan antara tahap satu dantahap dua. Hasil ujicoba kelompok kecil tahap satu mendapatkan rata-rata nilai 74,99 dengan kategori “layak” hasil dari tahap dua mendapatkan rata-rata nilai 90,47% dengan kategori sangat layak. Hasil ujicoba kelompok besartahap satu mendapatkan rata-rata nilai 62,89% dengan kategori “layak” dan uji coba kelompok besar tahap dua mendapatkan nialai rata-rata 89,99% dengan kategori „sangat layak”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206201008 YESIKA DWI WIJAYANTI |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:13 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51717 |
Actions (login required)
View Item |