FITTROTUL MUNADHOFAH, 126206202039 (2024) PENERAPAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KESEHATAN MENTAL ANAK USIA DINI DI TK AL MUSLIMUN KEPATIHAN TULUNGANGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kesehatan Mental Anak Usia Dini Di TK Al Muslimun Kepatihan Tulungagung” ini ditulis oleh Fittrotul Munadhofah, NIM. 126206202039, pembimbing Dr. Khabibur Rohman, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran matematika dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan, tertekan dan merasa kesulitan untuk memahami, sehingga berdampak pada pemahaman dan kesehatan mental, terlebih anak usia dini belum memiliki kemampuan untuk berfikir abstrak. Dalam hal ini peneliti menggali beberapa sumber untuk membuktikan kebenaran permasalahan tersebut dan mencoba memberikan solusi terbaik. Lokasi penelitian ini dipilih karena dalam pra penelitiannya TK Al Muslimun telah menerapkan metode matematika yang menurut peneliti adalah hal baru, yang tidak di temukan di sekolah lain. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui apa pengaruh penerapan RME dalam meningkatkan pemahaman dan kesehatan mental pada AUD di TK Al Muslimun Kepatihan Tulungagung, (2) Untuk mengetahui apa faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penerapan RME terhadap pemahaman dan kesehatan mental pada AUD di TK Al Muslimun Kepatihan Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apa pengaruh dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penerapan RME dalam meningkatkan pemahaman dan kesehatan mental pada AUD. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Rancangan kualitatif dipilih untuk dapat mengeksplorasi secara mendalam mengenai penerapan pendekatan RME dalam meningkatkan pemahaman dan kesehatan mental anak usia dini. Sedangkan pendekatan studi kasus dipilih untuk melakukan investigasi yang intensif terhadap satu kasus yaitu penerapan pendekatan RME dalam pembelajaran matematika di TK Al-Muslimun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan RME di TK Al- Muslimun terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dasar pada anak-anak, seperti mengenal angka, membandingkan nilai bilangan, dan mengerjakan operasi penjumlahan sederhana dengan visualisasi. Secara keseluruhan, penerapan RME di TK Al-Muslimun tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga memperhatikan perkembangan holistik anak, termasuk kesehatan mental mereka. Hal ini sejalan dengan prinsip pendidikan anak usia dini yang menekankan pendekatan yang berpusat pada anak untuk mencetak generasi penerus yang cerdas dan memiliki kesehatan mental yang baik. Kata Kunci: Matematika Realistik, Pemahaman, Perkembangan Holistik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206202039 FITTROTUL MUNADHOFAH |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:24 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51826 |
Actions (login required)
View Item |