INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI MTS. MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR

FAUDA MAULIDIA SABACH, 126201202086 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI MTS. MIFTAAHUL ULUUM SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Internalisasi Nili-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Perilaku Bullying di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar” ini ditulis oleh Fauda Maulidia Sabach, NIM 126201202086, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi Bapak Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Internalisasi nilia-nilai pendidikan agama islam dan Bullying Bullying merupakan suatu tindakan tercela yang menimbulkan sakit hati maupun fisik seseorang yang akhir-akhir ini sangat marak terjadi dilingkungan sekolah. Seperti suka mengejek teman dengan memanggil nama yang tidak sesuai, mengejek kekurangan teman dengan pelecehan seksual, dan merasa paling berkuasa disekolah maupun kelas sehingga mengakibatkan adanya tawuran atau perkelahian. Melihat fenomena tersebut menjadikan pentingnya peranan dan efektifitas suatu pendidikan, khususnya dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah terjadi bullying pada siswa di sekolah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying di Mts. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (2) Bagaimana Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying di Mts. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar? (3) Bagaimana solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi tindakan bullying di Mts. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku bullying di Mts. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, (2) Untuk mengetahui Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying di Mts. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar, (3) Untuk mengetahui solusi apa saja yang dapat dilakukan dalam mengatasi tindakan bullying di sekolah Mts. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, yang berlokasi di MTs Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk bullying yang terdapat di Madrasah tsanawiyan Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar adalah bullying verbal berupa memanggil nama teman dengan nama orang tua, body shamming, dan berkata kotor. Bullying fisik seperti memukul, menarik kerudung, dan menoyor kepala. Bullying mental atau psikologis seperti dikucilkan dan mengganggu dengan menyuruh-nyuruh teman diikuti ancaman. Dan bullying dalam bentuk pelecehan seksual (2) Strategi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam yang digunakan dalam mencegah perilaku bllying di Madrasah tsanawiyah Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar adalah strategi keteladanan, pembiasaan, pemberian nasehat, pemberian janji dan ancaman (berupa nasehat yang memotivasi), kedisiplinan, dan pendekatan secara personal. (3) Solusi apa saja yang dapat dilakukan dalam mengatasi tindakan bullying di sekolah Mts. Miftaahul Uluum Sutojayan Blitar yaitu, Menciptakan kultur sekolah yang aman, myaman, dan sehat, menanamkan moral dan sopan santun, selalu mengingatkan akhlak-akhlak yang baik, peduli atau peka terhadap kepribadian peserta didik, melakukan internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam semua mata pelajaran, mengadakan sosialisasi, guru BK memberikan pendampingan dan bimbingan, mengadakan kegiatan sosialisasi tentang bullying, adanya kegiatan atau program madrasah yang positif seperti madin dan lain sebagainya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bullying
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202086 FAUDA MAULIDIA SABACH
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:46
Last Modified: 28 Aug 2024 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51863

Actions (login required)

View Item View Item