HUBUNGAN PROGRAM HAFALAN JUZ ‘AMMA DENGAN KEMATANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG

UMI ALVI SA'ADAH, 126201203231 (2024) HUBUNGAN PROGRAM HAFALAN JUZ ‘AMMA DENGAN KEMATANGAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Hubungan Program Hafalan Juz „Amma Dengan Kematangan Emosional Peserta Didik di MTs Assyafi‟iyah Gondang” ini ditulis oleh Umi Alvi Sa’adah, NIM. 126201203231, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Pembimbing Saiful Bahri, S. Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Program, Hafalan, Kematangan Emosional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena zaman dan teknologi yang semakin berkembang menjadikan kurang bijaknya seseorang dalam menggunakan teknologi hal ini banyak terjadi terutama pada anak-anak usia remaja. Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi yang semakin maju selain memberikan dampak baik juga memberika dampak buruk. Dampak buruk yang sekarang banyak kita rasakan yaitu perkembangan emosi pada individu usia remaja masih belum stabil karena kematangan emosi pada diri mereka masih belum tercapai, akibatnya banyak kasus bullying yang terjadi pada anak usia sekolah, hamil diluar nikah, membolos sekolah dan masih banyak lainnya. Rumusan masalah pada penlitian ini adalah: (1) Adakah Hubungan yang positif dan signifikan antara Program Hafalan Juz ‘Amma dengan Kematangan Emosional Kemandirian Peserta Didik di Mts Assyafi’iyah Gondang? (2) Adakah Hubungan yang positif dan signifikan antara Program Hafalan Juz ‘Amma dengan Kematangan Emosional Kemampuan Berempati Peserta Didik di Mts Assyafi’iyah Gondang? (3) Adakah Hubungan yang positif dan signifikan antara Program Hafalan Juz ‘Amma dengan Kematangan Emosional Kemandirian Kemampuan Menguasai Amarah Peserta Didik di Mts Assyafi’iyah Gondang? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk Menjelaskan Ada atau Tidak Hubungan yang positif dan signifikan antara Program Hafalan Juz ‘Amma dengan Kematangan Emosional Kemandirian Peserta Didik di Mts Assyafi’iyah Gondang. (2) Untuk Menjelaskan Ada atau Tidak Hubungan yang positif dan signifikan antara Program Hafalan Juz ‘Amma dengan Kematangan Emosional Kemampuan Berempati Peserta Didik di Mts Assyafi’iyah Gondang. (3) Untuk Menjelaskan Ada atau Tidak Hubungan yang positif dan signifikan antara Program Hafalan Juz ‘Amma dengan Kematangan Emosional Kemampuan Menguasai Amarah Peserta Didik di Mts Assyafi’iyah Gondang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data dari program hafalan juz ‘amma dan kematangan emosional pada peserta didik. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program hafalan juz ‘amma dengan kematangan emosional kemandirian pada peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang dengan taraf signifikasi 0,003 < 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program hafalan juz ‘amma dengan kematangan emosional kemampuan berempati pada peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang dengan taraf signifikasi 0,025 < 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara program hafalan juz ‘amma dengan kematangan emosional kemampuan menguasai amarah pada peserta didik di MTs Assyafi’iyah Gondang dengan taraf signifikasi 0,004 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203231 UMI ALVI SA'ADAH
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:36
Last Modified: 02 Sep 2024 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51864

Actions (login required)

View Item View Item