AHMAD KHUSNI MUBARROK AL AZIZI, 126201202173 (2024) PENERAPAN PEKERJAAN RUMAH (PR) BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan PR Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 10 Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Khusni Mubarrok Al Azizi, NIM 126201202173, pembimbing Dr. Mohammad Ja’far As-shodiq S.Kom., M.Pd.I. Kata kunci : Pekerjaan rumah (PR), Media digital, Tanggung jawab belajar. Berhasil atau tidaknya suatu kegiatan belajar sangat ditentukan oleh keadaan siswa tersebut baik itu disebabkan karena faktor eksternal maupun faktor internal. Penggunaan internet bagi siswa memiliki dampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan, sementara dampak negatifnya adalah mengganggu konsentrasi belajar siswa. Hampir semua siswa menggunakan internet sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar dihabiskan dengan bermain game online dan sosial media. Ditambah lagi siswa hanya mau belajar ketika diberikan pekerjaan rumah (PR). Untuk mengatasi masalah ini, guru perlu memberikan tugas-tugas diluar jam pelajaran dengan pemanfaatan penugasan berbasis digital yang menarik dan interaktif. Fokus penelitian dalam penelitian ini, bagaimana perencanaan, penerapan, dan evaluasi PR berbasis digital dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 10 Blitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, penerapan, dan evaluasi PR berbasis digital dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 10 Blitar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kulitatif dengan jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentsi. Data dianalisis melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebsahan data meliputi teknik triangulasi, meningkatkan ketekunan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan PR berbasis digital materi disesuaikan dengan relevan tidaknya diterapkan penugasan secara digital. Selanjutnya pemilihan aplikasi disesuaikan dengan kemampuan siswa. Guru telah memberikan intruksi dalam pengerjaan tugas. 2) Penerapan PR berbasis digital menggunakan media youtube dan tiktok untuk penugasan berupa vidio, sedangkan penugasan berupa quis dan esai menggunakan quizizz, google form maupun E-Learning. Dalam pelaksanaan sebagian besar siswa telah mengerjakan tugas sesuai intruksi guru. Dalam hal pengawasan menjadi kekurangan karena guru tidak bisa secara langsung mengawasi. 3) Evaluasi PR berbasis digital Selain penilaian pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan pemberian tugas berbasis digital ini sebagai upaya dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Pemberian sangsi kepada siswa yang tidak mengerjakan tugas dengan tujuan mendidik siswa untuk menumbuhkan sikap tanggung jawab belajar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202173 AHMAD KHUSNI MUBARROK AL AZIZI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 13:13 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 13:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51867 |
Actions (login required)
View Item |