TIARA WAHYU NINGSIH, 126212201002 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI PERKEMBANGAN TEORI ATOM KELAS X IPA MAN 1 KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Terintegrasi Augmented Reality Pada Materi Perkembangan Teori Atom Kelas X MAN 1 Kediri” ini ditulis oleh Tiara Wahyu Ningsih, NIM. 126212201002, dengan pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Pop-up Book, Augmented Reality, Perkembangan Teori Atom. Perkembangan teknologi pada bidang pendidikan semakin hari mengalami peningkatan, salah satunya yaitu pada bidang media pembelajaran. Teknologi yang dapat dimanfaatkan pada masa kini yaitu augmented reality. Penggunaan teknologi ini selaras dengan pembelajaran kurikulum merdeka belajar saat ini dan dapat mengakomodasi keterbatasan penyampaian materi kepada siswa. Salah satu materi yang memerlukan media pembelajaran yang inovatif, informatif, dan menarik yaitu materi perkembangan teori atom. Karena materi perkembangan teori atom merupakan materi yang abstrak dan sulit dipahami. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media pop-up book terintegrasi augmented reality. Karakter media pop-up book yang dipadukan dengan teknologi augmented reality dapat membantu siswa untuk memahami konsep teori atom yang abstrak menjadi kongkrit. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan media pembelajaran popup book terintegrasi augmented reality pada materi perkembangan teori atom, 2) Mengetahui tingkat validitas dari media pembelajaran pop-up book terintegrasi augmented reality pada materi perkembangan teori atom, dan 3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran pop-up book terintegrasi augmented reality pada materi perkembangan teori atom. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan model pengembangan ADDIE meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Observasi awal dilakukan dengan wawancara, kemudian lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik digunakan untuk memvalidasi produk baik secara teoritis maupun empiris. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas X-G MAN 1 Kediri yang berjumlah 25 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Media pembelajaran berupa pop-up book terintegrasi augmented reality pada materi perkembangan teori atom berhasil dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation); 2) Tingkat kevalidan produk yang diperoleh dari validator media memperoleh skor 83% dengan kategori “Valid”, sedangkan dari validator ahli materi memperoleh skor 84% dengan kategori “valid”. 3) Hasil respon peserta didik pada media pembelajaran pop-up book terintegrasi augmented reality memperoleh skor 74% termasuk kategori “Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia > Atom Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212201002 TIARA WAHYU NINGSIH |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 13:50 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 13:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52039 |
Actions (login required)
View Item |