INTERNALISASI NILAI-NILAI MORALITAS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI MTS AL-HUDA BANDUNG

APRILIANA DWI RAHMAWATI, 126201201009 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MORALITAS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI MTS AL-HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (733kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (581kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Internalisasi Nilai-Nilai Moralitas dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik di MTs Al-Huda Bandung” ini ditulis oleh Apriliana Dwi Rahmawati, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Evy Ramadina, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci : Internalisasi, Nilai-nilai moralitas, Karakter islami Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia yang belakangan ini banyak menuai problem dan tantangan, salah satunya dengan mulai keroposnya nilai moralitas maupun karakter yang melanda generasi muda dan hal ini menjadi pembahasan penting yang perlu diperhatikan oleh kita semua. Seperti masih ada peserta didik yang memiliki perilaku yang menyimpang, sehingga sebagai bentuk pencegahan itu perlu adanya proses internalisasi nilai-nilai moralitas dalam meningkatkan karakter Islami peserta didik di MTs Al-Huda Bandung. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai moralitas dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik di MTs Al-Huda Bandung? (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai moralitas dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs Al-Huda Bandung? (3) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai moralitas dalam meningkatkan karakter jujur peserta didik di MTs Al-Huda Bandung? Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses internalisasi nilai-nilai moralitas dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik di MTs Al-Huda Bandung yaitu dengan mengadakan buku presensi untuk sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, hal ini bertujuan untuk menertibkan peserta didik agar disiplin dalam mengikuti sholat berjamaah di musholla sekolah yang mana hal tersebut belum tentu di madrasah atau sekolah lain ada presensi untuk mengikuti sholat berjamaah, menyediakan buku untuk keterlambatan siswa dan memberikan sanksi agar peserta didik jera. Mengadakan buku data kasus untuk peserta didik yang melanggar tata tertib madrasah kemudian diberikan point yang sudah ditetapkan madrasah sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Memberikan pembiasaan-pembiasaan seperti upacara yang rutin dilaksanakan di senin pagi, yang mana bekerja sama dengan polsek setempat dan dilaksanakan rutin satu bulan sekali, hal ini diharapkan agar nantinya dapat menigkatkan kedisiplinan peserta didik. (2) Proses internalisasi nilai-nilai moralitas dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs AlHuda Bandung yaitu dengan cara melaksanakan pembiasaan-pembiasaan yang dapat meningkatkan karakter religius peserta didik seperti melaksanakan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah tanpa disuruh, jadi peserta didik ketika mendengar bel pertanda dilaksanakannya sholat dhuha mereka segera ambil air wudhu dan mengikuti sholat dhuha berjamaah, begitu pula dengan sholat dhuhur ketika mendengar adzan mereka segera mengambil air wudhu dan mengikuti sholat dhuhur berjamaah, mengaji dan hafalan surat pendek dengan dibimbing guru sesuai dengan jadwal yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai. Dengan mengadakan program pengembangan diri yang dilaksanakan di setiap hari sabtu, contohnya tahfidz, shalawat, Qiro’ah, kaligrafi. ngaji kitab yang mana ngaji kitab ini menjadi hal yang membedakan dengan madrasah lain karena madrasah lain belum tentu menerapkan kegiatan pengembangan diri tersebut. Di madrasah ini ekstrakurikuler disebut dengan pengembangan diri. Mengadakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam, yang mana kegiatan ini belum tentu diadakan di madrasah lain. Tujuan dilaksanakannya PHBI ini diharapkan dapat menumbuhkan karakter religius pada peserta didik. (3) Proses internalisasi nilai-nilai moralitas dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di MTs Al-Huda Bandung yaitu dimulai dari pembelajaran, yang mana pembelajaran ini tentunya ada tahap penyusunan RPP atau Modul Ajar, kemudian pelaksanaan pembelajaran, guru memberikan arahan dan pembiasaan-pembiasaan perilaku jujur contohnya dengan membayar makanan sesuai harga di kantin, bersikap adil, berani mengakui kesalahan dan masih banyak contoh kejujuran yang lainnya, dengan adanya hal tersebut peserta didik akan mempunyai pikiran akan selalu berperilaku jujur, kemudian di akhir pembelajaran guru memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang telah bertanggung jawab dan jujur dalam mengerjakan tugasnya masingmasing. Untuk peserta didik yang melanggar akan diberikan hukuman berupa pengurangan nilai tugas agar peserta didik merasa jera akan pelanggaran yang dilakukan. Selalu berkomunikasi dengan orang tua melalui pesan WhatsApp pribadi, melibatkan orang tua dalam kegiatan pertemuan rutin dalam membahas perkembangan peserta didik. dengan memberikan ruang layanan khusus kepada peserta untuk senantiasa mengevaluasi dan merefleksi diri. Yang mana hal ini dapat menyadarkan peserta didik akan pentingnya karakter jujur dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201009 APRILIANA DWI RAHMAWATI
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:00
Last Modified: 02 Sep 2024 07:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52064

Actions (login required)

View Item View Item