MOHAMMAD NURIYAN ALHAMDANI, 126303201007 (2024) PENGALAMAN SPIRITUAL SALIK NGAJI LAKU DI MAJELIS TA’LIM DAN DZIKIR NURUSSALAM PONDOK PESANTREN NURUSSALAM SAMBIJAJAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (711kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
Abstract
Mohammad Nuriyan Alhamdani, NIM 126303201007, ” Pengalaman Spiritual Salik Ngaji Laku Di Majelis Ta’lim Dan Dzikir Nurussalam Pondok Pesantren Nurussalam Sambijajar Sumbergempol Tulungagung”, Skripsi Fakultas ushuluddin adab dan dakwah. Jurusan Ushluddin, Program Studi , Tasawuf dan Psikoterapi, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungaung, 2024, Pembimbing: Lilik Rofiqoh, S.Hum,. M.A. Kata Kunci: Pengalaman Spiritual, Salik, Dzikir Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena salik yang terjadi di desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, di tempat tersebut para penduduk mayoritas beragama Islam. Di desa itu terdapat pondok pesantren yang menggelar kegiatan bernama Ngaji Laku sebagai sarana kajian kitab kuning, majelis dzikir, dan olah spiritual. Pada kegiatan olah spiritual ditemukan bahwa ada jamaah yang memiliki pengalaman spiritual metafisik yang unik, mulai dari mimpi yang aneh dan membekas, hingga penglihatan bertemu makhluk-mahkluk ghaib. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini meliputi: 1.) Bagaimana pengalaman spiritual Salik Ngaji Laku di Majelis Ta'lim dan Dzikir Nurussalam di Pondok Pesantren Nurussalam Sambijajar Sumbergempol Tulungagung? 2.) Bagaimana pemaknaan kedalaman pengalaman spiritual para peserta Salik Ngaji Laku di majelis ta'lim dan dzikir Nurussalam di Pondok Pesantren Nurussalam Sambijajar Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan pendekatan IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Penelitian IPA ini menekankan pengalaman subjektif pada setiap indivin adalah wawancara mendalam . Model analisis data yang digunakan penulis dalam menyusun skripsi ini mengacu pada buku "Penelitian Fenomenologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup" karya Yohanis Franz La Kahija yang menguraikan tahapan-tahapan analisis data yang penting untuk memahami pengalaman hidup subjek secara mendalam meliputi 1.) Analisis Penghayatan Transkrip, 2.) Pencatatan Awal, 3.) Perumusan tema emergen, 4.) Perumusan tema superordinat, 5.) Analisis temuan pada pola-pola antar kasus/pengalaman partisipan Hasil penelitian ini ialah sebagai berikut : 1) Pengalaman Spiritual para Salik ini memiliki tahapan-tahapan sesuai kedalaman pengalamannya, meliputi tahap samudra istigfar, tahap pembukaan mata batin, tahap petualangan jiwa, dan tahap pembersihan jiwa 2) kedalaman pemaknaan pengalaman spiritual mereka memiliki pendapat yang berbeda-beda sesuai perolehan pengalaman pada saat menapaki setiap tahapan ngaji laku ini seperti penglihatan mimpiRu’yah as-Shadiqah dan senantiasa membekas untuk waktu yang lama, pembukaan mata batin sebagai jalan untuk bertemu para kyai dan guruguru spiritual, tahap petualangan jiwa pada subjek untuk mempelajari hikmah-hikmah dan ilmu secara praktik, tahap penyucian jiwa yang mengacu pada pencerahan dan transisi diri secara signifikan dalam kehidupan sehari-hari para subjek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi |
Depositing User: | 126303201007 MOHAMMAD NURIYAN ALHAMDANI |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 07:29 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 07:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52086 |
Actions (login required)
View Item |