STRATEGI TAKMIR MASJID AR RAHMAN BLITAR DALAM MENDORONG JAMAAH GEMAR BERIBADAH

ADINDA ZAHROOUL ILMI, 126311202040 (2024) STRATEGI TAKMIR MASJID AR RAHMAN BLITAR DALAM MENDORONG JAMAAH GEMAR BERIBADAH. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (599kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

Program jamaah teraktif adalah strategi yang dilakukan takmir masjid Ar Rahman dalam mendorong jamaah gemar beribadah dengan memberikan reward berupa beasiswa untuk anak-anak/remaja dan reward bantuan sosial untuk orang dewasa yang rajin beribadah di masjid. Takmir masjid Ar Rahman juga memiliki kegiatan keagamaan yang bisa menarik minat beribadah para jamaah. Seperti pengajian rutin setiap jumat dan ahad ba’da subuh. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi takmir Masjid Ar Rahman Blitar dalam mendorong jamaah gemar beribadah? (2)Apa faktor yang menghambat pelaksanaan strategi takmir masjid Ar Rahman dalam mendorong jamaah gemar beribadah? (3)Bagaimana solusi yang diberikan takmir masjid Ar Rahman dalam mendorong jamaah gemar beribadah? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, di dukung observasi non partisipan dan di lengkapi dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti secara umum dapat di simpulkan bahwa pihak pengurus masjid/takmir masjid yang mengadakan program jamaah teraktif melalui dua kategori dengan syarat dan ketentuan berupa pendaftaran dan pengambilan reward di lakukan di kantor Hariyanto Islamic Center dengan membawa identitas diri, wajib menunaikan shalat berjamaah di masjid serta melakukan presensi. Terkait penghambat dari program ini adalah berupa kurang optimalnya pihak pengurus masjid dalam mensosialisasikan program dan faktor lupa para jamaah dalam melakukan presensi di mesin yang telah di sediakan. Sehingga muncul lah solusi untuk mengatasi masalah di atas, dengan meningkatkan pelayanan kepada para jamaah khususnya peserta dari program jamaah teraktif ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 126311202040 ADINDA ZAHROOUL ILMI
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:14
Last Modified: 05 Sep 2024 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52173

Actions (login required)

View Item View Item