PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

FRISKA RIF’ATUL MUKARROMAH, 2817133213 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (155kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Friska Rif’atul Mukarromah NIM 2817133213 dibimbing oleh Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Heads Together, Hasil Belajar. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu rendahnya hasil belajar peserta didik juga disebabkan karena dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna (Al-Mu’min, Al-Azim, Al-Hadi, Al- ‘Adlu dan Al-Hakam). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan kemampuan kerja sama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna (Al-Mu’min, Al-Azim, Al-Hadi, Al- ‘Adlu dan Al-Hakam)? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna (Al-Mu’min, Al-Azim, Al-Hadi, Al- ‘Adlu dan Al-Hakam)? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan Asmaul Husna (Al-Mu’min, Al-Azim, Al-Hadi, Al- ‘Adlu dan Al-Hakam)? Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM mata pelajaran Aqidah Akhlak 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Aqidah Akhlak mengalami peningkatan sebagai berikut: 1) hasil observasi keaktifan peserta didik siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 92% pada siklus II. 2) hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus I sebesar 60% meningkat menjadi 78% pada siklus II. 3) hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu sebesar 55% dengan nilai rata-rata 67,25 meningkat menjadi 85% dengan nilai rata-rata 84,25 siklus II berada pada kriteria baik. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133213 FRISKA RIF’ATUL MUKARROMAH
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:30
Last Modified: 14 Jun 2017 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item