INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH, KULLIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DAN SALAFIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SANTRI (Studi Multi Situs di Pondok Modern Darul-Ihsan (PMDI) Payaman Nganjuk dan Pondok Modern Darul Hikmah (PMDH) Tawangsari Tulungagung)

SHOLAHUDDIN NURCHOLISH ABDULLAH, 1880506220034 (2024) INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH, KULLIYATUL MU'ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DAN SALAFIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN SANTRI (Studi Multi Situs di Pondok Modern Darul-Ihsan (PMDI) Payaman Nganjuk dan Pondok Modern Darul Hikmah (PMDH) Tawangsari Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (706kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari realitas empirik keberadaan pesantren dewasa kini yang dinilai kurang mampu dalam mengoptimalisasi potensi yang dimilikinya. Setidaknya terdapat dua potensi besar yang dimiliki pesantren yaitu potensi pendidikan dan pengembangan masyarakat. Pondok modern Darul-Ihsan dan Darul Hikmah merupakan pondok pesantren kontemporer yang memadukan tiga kurikulum, diantaranya kurikulum madrasah, kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah dan salafiyah. Keterpaduan dari integrasi kurikulum tersebut menjadi salah satu langkah untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki serta sebagai bentuk untuk meningkatkan kualitas santri. Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana konsep integrasi kurikulum madrasah, kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah dan salafiyah dalam meningkatkan kualitas lulusan santri? 2) bagaimana implementasi integrasi kurikulum madrasah, kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah dan salafiyah dalam meningkatkan kualitas santri? 3) bagaimana hasil integrasi kurikulum madrasah, kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah dan salafiyah dalam meningkatkan kualitas lulusan santri? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang menggunakan rancangan multisitus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis situs tungga dengan reduksi data, kondensasi data, tampilan data dan kesimpulan, penarikan/ verifikasi serta analisis data lintas situs. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan perpanjangan keikusertaan, ketekunan dan keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Konsep integrasi kurikulum madrasah, kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah dan salafiyah adalah memadukan ketiga kurikulum dalam kegiatan belajar mengajar utamanya dalam ruanglingkup kurikulum sebagai substansi, sistem dan bidang studi dengan aspek yang menjelaskannya meliputi program waktu pendidikan, tujuan kurikulum, bahan ajar, kegiatan belajar mengajar, jadwal pembelajaran dan evaluasi kurikulum. 2) Implementasi integrasi kurikulum madrasah, kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah dan salafiyah adalah guru/ustadz dapat melaksanakan kurikulum tersebut dengan benar yang dapat dilhat dari tiga aspek yaitu karakteristik kurikulum, strategi implementasi dan karakteristik penggunaan kurikulum dengan aspek yang dapat menjelaskannya meliputi penggunaan perangkat pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, media dan sumber belajar dan kualifikasi dari pelaksana pembelajaran. 3) Hasil integrasi kurikulum madrasah, kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah dan salafiyah adalah melalui tiga aspek, yaitu atecedents, transaction dan outcomes yang dilakukan dengan evaluasi pembelajaran, yang dalam proses evaluasi ini dapat menilai kualitas lulusan yang sesuai dengan kecirikhasan dari integrasi kurikulum ini, yaitu berkemampuan bahasa Arab dan Inggris serta berdisiplin. Hasil dari integrasi kurikulum ini adalah memberikan pembelajaran yang holistik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220034 SHOLAHUDDIN NURCHOLISH ABDULLAH
Date Deposited: 03 Sep 2024 12:39
Last Modified: 03 Sep 2024 12:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52281

Actions (login required)

View Item View Item