CHUSNUL MA'IDAH, 1880506220049 (2024) IMPLEMENTASI INTEGRASI KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM CAMBRIDGE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA KHADIJAH SURABAYA (Study Sequential Exploratory Mix Method Research). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Integrasi Kurikulum Medeka dan Kurikulum Cambridge serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Khadijah Surabaya (Study Sequential Exploratory Mix Method Research)” ini ditulis oleh Chusnul Ma’idah dengan pembimbing Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M. Pd dan Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M. Pd. Kata kunci: Implemetasi integrasi kurikulum, kurikulum merdeka, kurikulum Cambridge, pendidikan agama Islam. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman dan tuntutan globalisasi akan memunculkan iklim persaingan yang semakin ketat. Sistem pendidikan diharapkan dapat mewujudkan siswa unutk dapat memiliki kemampuan berfikir kritis, mampu memecahkan masalah, kreatif, inovatif, keterampilan komunikasi, kolaborasi, mencari, mengelola, menyampaikan informasi serta menggunakan informasi dan teknologi. Kurikulum menjadi langkah konkret untuk mejemput impian pendidikan dimana kurikulum menjadi alat yang dapat mengubah watak dan sifat siswa yang didalamnya terdapat aturan-aturan proses belajar mengajar. Fokus dari penelitian in adalah 1) Pengaruh implementasi integrasi kurikulum merdeka dan kurikulum Cambridge terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Khadijah Surabaya, 2) Implementasi integrasi kurikulum merdeka dan kurikulum Cambridge terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Khadijah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) menemukan konsep tahapan perencanaan integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge, 2) menemukan konsep pelaksanaan integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge, 3) menemukan konsep hasil implemetasi integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge, 4) menemukan proposisi pengaruh tujuan implementasi integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge, 5) menemukan proposisi pengaruh isi integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge, 6) menemukan proposisi pengaruh metode integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge, 7) menemukan proposisi pengaruh evaluasi integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge, dan 8) menjelaskan pengaruh implemetasi integrasi kurikulum merdeka dan Cambridge. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mix method, model sequential dengan pendekatan exploratory. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Khadijah Surabaya. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisi Miles dan Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket dan analisisnya menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah 1) tahap perencanaan implementasi integrasi kurikulum dimulai dari dilaksanakan sosialisasi kepada siswa baru, melaksanakan workshop untuk guru, dan melaksanakan supervisi yang melibatkan pihak sekolah, yayasan, dan dinas pendidikan, 2) pelaksanaan implemetasi integrasi kurikulum dilakukan dengan menyampaikan materi secara bilingual, strategi dalam kegiatan belajar mengajar khususnya bahasa arab dengan memperbanyak kosakata, format penilaian dan seluruh komponen sekolah menggunakan kurikulum merdeka yang terakreditasi UKAS, materi pelajaran mengacu kapada Cambridge Intenational A Level Arabic, 3) hasil implementasi integrasi kurikulum adalah siswa mampu cakap secara nasional maupun intenasional, terbiasa untuk bernalar dan meningkatkan kemampuan bahasa dengan meyelesaikan soal bertipe Cambridge, 4) tidak terdapat pengaruh tujuan implementasi integrasi kurikulum dengan nilai 0,904 > 0,6, 5) tidak terdapat pengaruh isi implementasi integrasi kurikulum dengan nilai 0,932 > 0,6, 6) terdapat pengaruh metode implementasi integrasi kurikulum dengan nilai 0,532 < 0,6, 7) tidak terdapat pengaruh evaluasi implementasi integrasi kurikulum dengan nilai 0,667 > 0,6, 8) terdapat pengaruh dari keempat variabel sebesar 49,3% terhadap hasil belajar atau tidak terlalu signifikan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1880506220049 CHUSNUL MA'IDAH |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 06:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 06:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52306 |
Actions (login required)
View Item |