PELANGGARAN PERJANJIAN RAHASIA DAGANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH(Studi Kasus di Kopi Hepidei Rest Area KM 726 B Tol Surabaya-Mojokerto)

RIKO DWI PRASTYAWAN, 126101202072 (2024) PELANGGARAN PERJANJIAN RAHASIA DAGANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG DAN HUKUM EKONOMI SYARIAH(Studi Kasus di Kopi Hepidei Rest Area KM 726 B Tol Surabaya-Mojokerto). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (622kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pelanggaran Perjanjian Rahasia Dagang Oleh Karyawan Pada Usaha Food and Beverage (FnB) Ditinjau Melalui Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang dan Hukum Ekonomi Islam” ditulis oleh Riko Dwi Prastyawan, NIM. 126101202072, Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (HES), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembibing Dr. Budi Kolistiawan, S.Pd., M.E.I. Kata Kunci: Hukum Ekonomi Syariah, Rahasia Dagang, Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang, Perkembangan usaha pada bidang Food and Beverage (FnB) yang merupakan salah satu usaha berpotensi tinggi untuk mengalami kemajuan dan perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Pada usaha FnB terdapat beberapa Hak Kekayaan Intelektual di dalamnya, terutama pada Rahasia Dagang yang mencakup ruang lingkup rahasia dagang di dalamnya , Adapun lingkup perlindungan rahasia dagang meliputi metode produksi, metode pengolahan, metode penjualan, atau informasi lain dibidang teknologi”, Lalu yang dimaksud lingkup rahasia dagang pada bisnis coffee shop, yaitu metode khusus pembuatan kopi, komposisi, resep, bahan biji kopi, sehingga hal tersebutlah perlu untuk dilindungi dan dilarang untuk para karyawan melakukan pelanggaran terhadap rahasia dagang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktik pelanggaran perjanjian rahasia dagang di Kopi Hepidei ?; 2) Bagaimana tinjauan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang terhadap pelanggaran rahasia dagang di Kopi Hepidei ?; 3) Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelanggaran Rahasia Dagang di Kopi Hepidei ?. Terdapat tujuan penelitian, yaitu: 1) untuk mengetahui Praktik Pelanggaran Rahasia Dagang pada Kopi Hepidei; 2) Tinjauan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang; dan 3) Hukum Ekonomi Syariah terhadap permasalahan sengketa pelanggaran perjanjian rahasia dagang oleh karyawan pada usaha food and beverage. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif. Pada metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang tujuan utamanya mencoba untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam, serta pemahaman yang holistic atau menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pelanggaran perjanjian rahasia dagang oleh karyawan, yaitu dengan cara membocorkan resep menu rahasia ke Pihak lain; 2) Tindakan karyawan telah bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang; dan 3) Tindakan karyawan Kopi Hepidei juga bertentangan dengan Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akad
Ekonomi > Bisnis Islam
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Perjanjian
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101202072 RIKO DWI PRASTYAWAN
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:01
Last Modified: 09 Sep 2024 05:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52382

Actions (login required)

View Item View Item