FEFI ENDAH PANGASTUTI, 126407203040 (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT JAMAAH UMRAH DI PT AL HAKIM LINA JAYA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul "Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Minat Jamaah Umrah di PT Al Hakim Lina Jaya Tulungagung" ini ditulis oleh Fefi Endah Pangastuti, NIM. 126407203040. Program Studi Pariwisata Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Citra Mulya Sari, S.E.Sy., M.E. Penelitian ini dilatarbelakangi tingginya permintaan umrah diakibatkan oleh kuota haji yang terbatas dan masa tunggu selama bertahun tahun. Sehingga membuka peluang besar bagi pengusaha biro perjalanan untuk meningkatkan pemasaran guna menarik minat calon jamaah. El Hakim tour and travel Umrah merupakan sebuah travel dibawah naungan PT Al Hakim Lina Jaya berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang lengkap dan praktis. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah strategi pemasaran dalam meningkatkan minat jamaah umrah pada El Hakim Tour and Travel Umrah (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran dalam meningkatkan minat jamaah pada El Hakim Tour and Travel Umrah? (3) Bagaimana penyebab dan solusi jumlah jamaah mengalami penurunan pada El Hakim Tour and Travel Umrah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun narasumber (informan) dalam penelitian ini adalah Manajer Administrasi, Manajer Pemasaran, Staff Operasional, alumni jamaah serta calon jamaah di El Hakim Tour and Travel Umrah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam (indepth interview), serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi, penyajian dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) El Hakim Tour and Travel Umrah menggabungkan strategi promosi yang luas meliputi, sosialisasi, media cetak, media sosial, media penyiaran, silaturahmi, serta memberikan pelayanan yang maksimal. (2) Faktor pendukung dalam menjalankan strategi promosi adalah biaya operasional, izin resmi, kantor cabang, kantor pemasaran, dan kepercayaan jamaah. Beberapa faktor penghambat dalam menjalankan strategi promosi adalah banyak pesaing, kurangnya penggunaan platform digital, dan keterlambatan dalam menghadiri acara. (3) Pada tahun 2023, terjadi penurunan jumlah jamaah yang berangkat umrah. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan di tahun 2022, banyak jamaah yang menunda keberangkatannya karena pandemi Covid-19. Penerapan strategi yang tepat untuk menghadapi permasalahan penurunan jumlah jamaah adalah, meningkatkan pemasaran, kualitas pelayanan, membangun kepercayaan jamaah, memberikan penawaran menarik, serta pemanfaatan media sosial. Kata kunci: strategi pemasaran, peningkatan minat, umrah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pariwisata Pariwisata > Wisata Religi Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 126407203040 FEFI ENDAH PANGASTUTI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:26 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52417 |
Actions (login required)
View Item |