PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI RA NURUL HUDA BANJAREJO

NAFIATUL AZIZAH, 12206183063 (2023) PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI RA NURUL HUDA BANJAREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di RA Nurul Huda Banjarejo” yang ditulis oleh Nafiatul Azizah, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Konteks penelitian ini adalah mengenai terjadinya fenomena dimana Pendidikan anak usia dini dianggap penting. Melalui menyanyi. anak dapat memulai belajar bahasa, karena menyanyi dapat menumbuhkan kecerdasan kinestik dan kegembiraan anak. Dengan menyanyi, anak akan belajar pengulangan pengucapan kata hingga merangkai kalimat sederhana yang akan dipahaminya, serta anak akan mengingat pesan yang diterimanya dalam jangka panjang. Fokus dari penelitian, yaitu: (1) Penerapan metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak di RA Nurul Huda Banjarejo. (2) Perkembangan bahasa anak menggunakan metode bernyanyi di RA Nurul Huda Banjarejo. (3) Faktor penghambat dan pendukung dari penerapan metode bernyanyi terhadap perkembangan bahasa anak di RA Nurul Huda Banjarejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa: (1) Penerapan metode bernyanyi Terhadap perkembangan bahasa anak di RA Nurul Huda Banjarejo, antara lain: sebelum guru memulai pembelajaran, terlebih dahulu guru menyiapkan materi dan lagu sesuai dengan tema yang akan diajarakan kepada peserta didik juga menyiapkan metode yang akan di gunakan yang mengacu terhadap kurikulum 2013. (2) Perkembangan bahasa anak menggunkaan metode bernyanyi di RA Nurul Huda Banjarejo menjadikan peserta didik lebih tertarik untuk menerima apa yang disampaikan oleh guru dan bersemangat. (3) Faktor penghambat dan pendukung dari penerapan metode bernyanyi terhadap perkembangan Bahasa anak di RA Nurul Huda Banjarejo adalah anak yang memiliki kemampuan berbeda-beda dalam berbicara dan menghafal kata atau kalimat. Kata Kunci; Metode Bernyanyi, Perkembangan Bahasa, Faktor Penghambat dan Pendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183063 NAFIATUL AZIZAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:08
Last Modified: 04 Sep 2024 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52438

Actions (login required)

View Item View Item