PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDPUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM

ANGZALA EVA FITRIA, 126212202044 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDPUZZLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Edpuzzle Dengan Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom” ditulis oleh Angzala Eva Fitria, NIM 126212202044, pembimbing Ifah Silfianah M, Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Edpuzzle, Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Motivasi, Hasil Belajar, Struktur Atom. Rendahnya motivasi dan belajar siswa dikarenakan sebagian guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional atau pembelajaran berpusat pada guru, sedangkan siswa kurang diberikan waktu untuk mengemukakan pendapat mereka sesuai dengan pemahaman masing-masing. Penerapan media pembelajaran edpuzzle diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kimia edpuzzle dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi struktur atom. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kimia edpuzzle dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kimia edpuzzle dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen yaitu Pretest-Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X MIA MAN 2 Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas X MIA A sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIA B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Ternik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Instrumen berupa lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar angket untuk mengukur motivasi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran kimia edpuzzle dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil motivasi belajar siswa pada materi struktur atom. Berdasarkan perhitungan uji t angket motivasi belajar diperoleh thitung ≥ ttabel = 3,303 ≥ 0,329 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran kimia edpuzzle dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Berdasarkan perhitungan uji t hasil belajar diperoleh thitung ≥ ttabel = 6,044 ≥ 0,329 dengan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran kimia edpuzzle dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi struktur atom. Berdasarkan perhitungan uji manova motivasi belajar dan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk motivasi belajar dan nilai signifikansi 0,001 untuk hasil belajar. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Atom
Kimia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202044 ANGZALA EVA FITRIA
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:17
Last Modified: 04 Sep 2024 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52449

Actions (login required)

View Item View Item