PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

NAFA ATUL ILMA, 126205203248 (2024) PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (542kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Di MI Darussalam Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Nafa Atul Ilma, NIM. 126205203248. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh DR. Mochamad Arif Faizin, M.Ag Kata kunci : Penanaman Nilai Karakter Religius, Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kerusakan moral pada anak-anak. Banyak anak yang memiliki karakter kurang baik dalam ajaran agamanya, penanaman karakter religius sangat diperlukan bagi anak di usia dini sebagai penguat keimanan agar tidak mudah terpengaruh kedalam hal-hal negatif. Nilai karakter religius yang kuat dalam diri seorang anak akan membantu dalam berfikir dan bertindak. Sekolah dan rumah dianggap sebagai lingkungan terbaik bagi pertumbuhan karakter anak. Dengan ditanamkannya nilai karakter religius diharapkan mampu menumbuhkan sikap dan perilaku anak yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. Penanaman nilai karakter religius dirumah atau disekolah bisa diterapkan melalui pembiasaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Membaca Al-Qur’an di MI Darussalam Wonodadi Blitar?, (2) Bagaiaman Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Sholat Berjamaah di MI Darussalam Wonodadi Blitar?, (3) Bagaimana Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Madrasah Diniyah di MI Darussalam Wonodadi Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang dugunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan membaca Al-Qur’an peserta didik akan terbiasa membaca Al-Qur’an sehingga peserta didik menjadi lancar dan fasih dalam membaca Al-Qur’an , memahami makna Al-Qur’an, menguasai tajwid, meningkatkan kecerdasan dan tertanam nilai karakter religius yaitu nilai akhlak (2) Penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan sholat berjamaah peserta didik akan terbiasa beribadah secara bersama-sama sehingga terbentuk karakter sosial, kemudian membentuk rasa tanggungjawab dengan tugasnya sebagai seorang hamba Allah SWT, tertanamnya nilai karakter religius yaitu ibadah (3) Penanaman nilai karakter religius melalui kegiatan madrasah diniyah peserta didik untuk memperkuat pemahaman agama, memperbaiki ibadah dan perilaku peserta didik, tertanam nilai karakter religius yaitu nilai akhlakul karimah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203248 NAFA ATUL ILMA
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:01
Last Modified: 09 Sep 2024 09:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52490

Actions (login required)

View Item View Item