STRATEGI USTAD MADIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK DI MTS NURUL HUDA BANJARSARI SELOREJO BLITAR

BUDI WAHYUNI LESTARI, 17201163243 (2024) STRATEGI USTAD MADIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK DI MTS NURUL HUDA BANJARSARI SELOREJO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Ustad Madin Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur`an Peserta Didik di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar” ini ditulis oleh Budi Wahyuni Lestari, NIM. 17201163243. Pembimbing Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I Kata Kunci: Strategi, Motivasi Belajar, Membaca Al-Qur`an, MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyak para peserta didik ketika proses pembelajaran kurang begitu bersemangat dan merasa jenuh karena kurangnya strategi pembelajaran dan motivasi yang tepat. Padahal Al-Qur`an diakui sebagai kitab suci dan menjadi pedoman hidup seharihari. Kunci keberhasilan dalam belajar sangat dipengaruhi oleh motivasi, pemberian motivasi belajar yang tepat dalam proses belajar mengajar sangatlah penting. Maka dari itu, para ustad dan ustadzah diharapkan memilih strategi dan memberikan motivasi yang tepat agar dapat menciptakan keberhasilan dalam belajar membaca Al-Qur`an pada peserta didik serta bisa memahami dan menguasai ilmu tajwid yang benar. Fokus penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al- Qur`an dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an peserta didik di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur`an dalam meningkatkan motivasi belajar membaca AlQur`an peserta didik di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar?, serta 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur`an dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an bagi peserta didik di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, paparan data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan ketekunan atau keajegan pengamatan, uji keteralihan data, ketergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur`an peserta didik di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar yaitu pertama, dengan menyiapkan kompetensi ustad yang mumpuni dengan menyiapkan yang sudah berprofesional, bersertifikat dan mampu mengajar Al-Qur`an secara maksimal, kedua, pemilihan metode pembelajaran Al-Qur`an yang efektif dan efisien dalam mekanisme pembelajaran Al-Qur`an metode usmani diantaranya yaitu privat/individual, klasikal individual, klasikal baca simak, dan klasikal baca simak murni, ketiga, menyiapkan sarana dan prasarana yang menunjang dalam proses pembelajaran seperti buku juz dan Al-Qur`an. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur`an peserta didik di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar yaitu pertama¸ dengan penerapan metode pembelajaran Al-Qur`an yang tepat dengan menggunakan metode usmani, di dalam pelaksanaannya metode usmani menggunakan enam tahapan dalam pembelajaran, kedua, pemberian nasehat dan reward kepada peserta didik melalui sesi tanya jawab dalam pemberian ilmu tajwid yang bertujuan untuk meningkatkan semangat peserta didik agar tetap giat dalam belajar membaca Al-gur`an, pemberian reward berupa uang atau jajan. 3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur`an dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur`an yang digunakan di MTs Nurul Huda Banjarsari Selorejo Blitar yaitu tiga jenis yaitu test Pelajaran, tes kenaikan juz dan test khotmil Qur`an. Adapun kriteria penilaian dalam mengevaluasi kemampuan belajar membaca AlQur`an yaitu a) mampu membaca Al-Qur`an secara LBS (Lancar, Benar, dan Sempurna), b) pengucapan/pelafalan harus memenuhi atau sesuai dengan ilmu tajwid, dan c) harus benar dalam mewaqofkan dan bisa mengibtida`kan bacaan AlQur`an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163243 BUDI WAHYUNI LESTARI
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:55
Last Modified: 05 Sep 2024 04:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52514

Actions (login required)

View Item View Item