PENGARUH MODEL PAIKEM BERBASIS AKTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMPN 4 PAGERWOJO

ENNESTY ALLINSYA, 126210203122 (2024) PENGARUH MODEL PAIKEM BERBASIS AKTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMPN 4 PAGERWOJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (734kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model PAIKEM Berbasis Aktual Dalam Pembelajaran Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Pagerwojo”. Ditulis oleh Ennesty Allinsya, NIM 126210203122, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Model PAIKEM Berbasis Aktual, Teks Eksposisi Masalah dalam kegiatan belajar mengajar paling besar adalah siswa yang gampang merasa bosan dengan model pembelajaran atau metode pengajar yang cenderung membuat siswa jenuh, sehingga apabila siswa merasa jenuh akan membuat mereka tidak fokus dalam mencermati materi yang diberikan oleh pengajar. Oleh sebab itu pada sistim pembelajaran di SMPN 4 Pagerwojo kususnya pada menulis teks eksposisi perlu dilakukan adanya system pembelajaran yang efisien dan efektif. Model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) merupakan salah satu strategi para pengajar dalam menyampaikan sebuah pembelajaran agar para siswa yang di berikan materi dapat memahami materi tersebut dengan mudah dan tidak mudah bosan. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaiman pengaruh model PAIKEM berbasis aktual dalam pembelajaran teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 4 Pagerwojo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model PAIKEM berbasis aktual dalam pembelajaran teks eksposisi siswa kelas VIII SMPN 4 Pagerwojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Pagerwojo yang terdiri dari 22 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan treatmen pembelajaran PAIKEM dan 22 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk prates dan pascates Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode PAIKEM berbasis aktual pada pembelajaran teks eksposisi kelas VII SMPN 4 Pagerwojo mampu meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik. Dari hasil perhitungan ratarata nilai kelas control dan nilai kelas eksperiman diperoleh data rata-rata nilai kelas kontrol 76,18 lebih rendah dari hasil belajar kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata nilai 92,27. Model PAIKEM juga membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210203122 ENNESTY ALLINSYA
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:25
Last Modified: 04 Sep 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52526

Actions (login required)

View Item View Item