PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMAN 1 GONDANG

HAFIDHA AMALIA, 126204202093 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
HFD REPO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)
[img] Text
HFD REPO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada pendidikan adalah kurang maksimalnya proses pembelajaran sehingga kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hal yang mendukung dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran. Peneliti menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dalam penelitiannya karena model ini dapat membantu siswa untuk berpikir kreatif dan aktif dalam menyelesaikan pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang, 2) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang, 3) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gondang dimana populasi seluruh kelas X. Sedangkan sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dikenal dengan sampling pertimbangan. Kelas yang digunakan untuk sampel yaitu siswa kelas X-6 dan X-1. Dalam penelitian ini cara mengumpulkan data menggunakan post-test,angket motivasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas); 2) uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas); 3) uji hipotesis (uji T-Independent, uji MANOVA). Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202093 HAFIDHA AMALIA
Date Deposited: 04 Sep 2024 12:12
Last Modified: 04 Sep 2024 12:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52567

Actions (login required)

View Item View Item