HAFIDHA AMALIA, 126204202093 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMAN 1 GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
HFD REPO COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (909kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
||
Text
HFD REPO LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan yang terjadi pada pendidikan adalah kurang maksimalnya proses pembelajaran sehingga kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hal yang mendukung dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran. Peneliti menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dalam penelitiannya karena model ini dapat membantu siswa untuk berpikir kreatif dan aktif dalam menyelesaikan pemecahan masalah. Penerapan model pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang, 2) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang, 3) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gondang dimana populasi seluruh kelas X. Sedangkan sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dikenal dengan sampling pertimbangan. Kelas yang digunakan untuk sampel yaitu siswa kelas X-6 dan X-1. Dalam penelitian ini cara mengumpulkan data menggunakan post-test,angket motivasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas); 2) uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas); 3) uji hipotesis (uji T-Independent, uji MANOVA). Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 2) Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 3) Ada pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar dan motivasi belajar matematika siswa kelas X materi trigonometri SMAN 1 Gondang dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika > Variabel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202093 HAFIDHA AMALIA |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 12:12 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 12:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52567 |
Actions (login required)
View Item |