Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an Juz 30 di MI Raden Fatah Selorejo Jemekan Ringinrejo Kediri

ALEQ TAMTSIL YUDHA SAPUTRA, 126201203309 (2024) Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Melalui Program Tahfidzul Qur’an Juz 30 di MI Raden Fatah Selorejo Jemekan Ringinrejo Kediri. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Guru berperan besar dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa terutama dalam pembentukan karakter. Guru di MI Raden Fatah Selorejo Jemekan Ringinrejo Kediri telah menunjukkan peran dan dedikasinya dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa. Hal ini dapat diketahui dari tingkat ketertiban dan kedisplinan siswa yang tinggi pada pelaksanaan program Tahfidz. Guru telah menerapkan strategi yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan siswa. Strategi yang dilakukan guru melalui program Tahfidz ini dapat menunjang tumbuhnya karakter disiplin pada diri siswa dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih optimal dan efektif. Tujuan adanya penelitian ini adalah (I) Mendeskripsikan perencanaan guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidzul Qur’an juz 30 di MI Raden Fatah Selorejo Jemekan Ringinrejo Kediri (2) Mendeskripsikan pelaksanaan guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidzul Qur’an juz 30 di MI Raden Fatah Selorejo Jemekan Ringinrejo Kediri (3) Mendeskripsikan evaluasi guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidzul Qur’an juz 30 di MI Raden Fatah Selorejo Jemekan Ringinrejo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (I) Perencanaan guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidzul Qur’an juz 30 diselenggarakan dengan adanya pembagian kelas, materi dan metode, serta pembuatan RPP. (2) Pelaksanaan guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidzul Qur’an juz 30 diselenggarakan dengan Internalisasi program Tahfidz, penerapan model pembiasaan, keteladanan, Reward and Punishment, serta pembentukan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidz. (3) Evaluasi guru dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidzul Qur’an juz 30 diselenggarakan dengan evaluasi pembentukan karakter, kendala dan solusi yang ada dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui program Tahfidz.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203309 ALEQ TAMTSIL YUHDA SAPUTRA
Date Deposited: 04 Sep 2024 15:31
Last Modified: 04 Sep 2024 15:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52598

Actions (login required)

View Item View Item