تحليل الأخطاء النحوية في النصوص العربية لطلاب الصف الثامن بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة تولونج أجونج

INDANA AULIA, 12202193060 (2024) تحليل الأخطاء النحوية في النصوص العربية لطلاب الصف الثامن بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Teks Karangan Arab siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung” yang ditulis oleh Indana Aulia, NIM: 12202193060, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Prof. Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Sintaksis, Teks Karangan Arab Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di banyak sekolah menengah di Indonesia, termasuk di MTsN 3 Tulungagung. Pembelajaran Bahasa Arab tidak hanya mencakup pemahaman terhadap kosa kata dan tata bahasa, tetapi juga kemampuan dalam menulis karangan. Namun, dalam praktiknya, sering kali siswa menghadapi kesulitan dalam memahami dan menerapkan aturan tata bahasa Arab, terutama dalam konteks nahwu. MTsN 3 Tulungagung sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menawarkan pembelajaran Bahasa Arab diharapkan mampu mencetak siswa yang memiliki kompetensi yang baik dalam menggunakan bahasa tersebut. Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis mendalam terhadap kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan teks karangan Arab oleh siswa kelas 8. Analisis ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kesulitan siswa dalam memahami aturan nahwu serta memberikan masukan bagi pengembangan kurikulum dan strategi pengajaran yang lebih efektif. Dengan mengetahui pola kesalahan yang umum terjadi, guru dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih terfokus untuk membantu siswa mengatasi kesulitan mereka dalam menggunakan aturan tata bahasa Arab. Selain itu, hasil analisis juga dapat menjadi dasar bagi pengembangan bahan ajar yang lebih relevan dan mendukung, serta program remedial yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks karangan Arab dengan baik dan benar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 3 Tulungagung. Fokus Masalah: 1. Apa saja bentuk kesalahan sintaksis dalam teks karangan Arab siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Tulungagung? 2. Apa saja faktor yang menyebabkan kesalahan sintaksis dalam teks karangan Arab siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Tulungagung? Tujuan Pembahasan: untuk diperolehnya gambaran tentang kesalahan-kesalahan nahwu yang dilakukan oleh siswa kelas 8 MTsN 3 Tulungagung dalam dalam menulis teks karangan arab dan faktor-faktor penyebab timbulnya kesalahan tersebut. Metode Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan sintaksis yang dibuat oleh siswa kelas 8 di MTsN 3 Tulungagung dalam menulis teks karangan berbahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui ujian tulis siswa dan dianalisis menggunakan teknik analisis kesalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 (tiga) , yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisa data yaitu Reduksi, Display dan Penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian : Dalam penelitian ini ditemukan banyak kesalahan yang terjadi pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung dalam teks karangan Arab. Seperti kesalahan penyusunan kalimat, kesalahan pemberian harakat di akhir kalimat dan kesalahan kata mengi’robi. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan sintaksis dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 1) faktor internal meliputi : a) Pemahaman yang Kurang tentang Tata Bahasa Arab, b) Minimnya Latihan dan Pembiasaan, c) Pengaruh Bahasa Asing (Interferensi Bahasa). Sedangkan faktor eksternal meliputi: a) Metode Pengajaran yang Kurang Efektif, b) Keterbatasan Sumber Belajar, c) Lingkungan Belajar yang Tidak Mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193060 INDANA AULIA
Date Deposited: 04 Sep 2024 18:07
Last Modified: 04 Sep 2024 18:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52647

Actions (login required)

View Item View Item