MUHAMMAD FATHONI DLIYA'UR ROHMAN, 12201193210 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 PLANDAAN JOMBANG. [ Skripsi ]
Text
SAMPUL.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam, memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-undang. Pembentukan karakter religius menjadi fokus utama dalam proses pendidikan, mengingat berbagai tantangan dan masalah yang dihadapi dalam konteks pendidikan di Indonesia, seperti kurangnya penanaman karakter sejak dini, arus globalisasi, dan berbagai perilaku negatif yang menghinggapi siswa. Guru Pendidikan Agama Islam memegang peran kunci dalam pembentukan karakter religius siswa, namun tantangan seperti jumlah guru Pendidikan Agama Islam yang terbatas menjadi hal yang perlu diatasi. Oleh karena itu, penelitian tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa menjadi relevan untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa dengan fokus penelitian; 1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya membentuk karakter religius siswa di SMPN 1 Plandaan Jombang? 2) Bagaimana penerapan pembentukan karakter religius siswa di SMPN 1 Plandaan Jombang? dan 3) Bagaimana evaluasi dari pembentukan karakter siswa SMPN 1 Plandaan Jombang. Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam mengenai strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di SMPN 1 Plandaan Jombang. Lokasi penelitian berada di sekolah tersebut, dipilih karena profil sekolah yang menekankan pada pembentukan karakter religius pada visi dan misinya. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen. Teknik analisis data mengikuti model interaktif Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Tahap penelitian meliputi pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penyelesaian. Hasil penelitian menguraikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa SMPN 1 Plandaan Jombang, disertai komparasi dengan teori-teori yang relevan yakni 1). Perencanaan merupakan bagian krusial dari strategi tersebut, di mana guru Pendidikan Agama Islam harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti kepribadian teladan, wawasan luas, dan kemampuan memberikan pelayanan. Perencanaan tidak hanya dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam, tetapi juga melibatkan pihak sekolah dan pemerintah. 2). Dalam penerapannya, guru Pendidikan Agama Islam menerapkan strategi berbasis ajaran Islam dalam aspek habluminallah seperti pembiasaan berdoa, membaca Asma'ul Husna, pelaksanaan shalat, perayaan hari besar Islam, kemudian dibantu oleh guru program mulok keagamaan dan pendidikan diniyah. Selain itu, pembentukan karakter siswa juga melibatkan kegiatan sosial atau habluminannas seperti pembesukan teman yang sakit, infak dan sedekah. Aspek hablumminal alam juga diterapkan melalui kebiasaan piket kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya untuk merawat lingkungan. 3). Evaluasi dilakukan setiap semester, namun terkadang terkendala oleh pendekatan yang terlalu normatif. Pembentukan karakter religius siswa SMPN 1 Plandaan Jombang merupakan upaya holistik yang melibatkan berbagai pihak dengan pendekatan teori habitus, tabularasa dan struktural fungsional.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193210 MUHAMMAD FATHONI DLIYA'UR ROHMAN |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:37 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52648 |
Actions (login required)
View Item |