PENERAPAN PENYEMBELIHAN OLEH JURU SEMBELIH HALAL (JULEHA) UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAGING AYAM POTONG (Studi Kasus Rumah Potong Unggas PT Gambir Sejahtera Utama, Kabupaten Tulungagung)

NAFIATUL MUFIDA, 126402202132 (2024) PENERAPAN PENYEMBELIHAN OLEH JURU SEMBELIH HALAL (JULEHA) UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DAGING AYAM POTONG (Studi Kasus Rumah Potong Unggas PT Gambir Sejahtera Utama, Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Penyembelihan oleh Juru Sembelih Halal (JULEHA) untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Daging Ayam Potong (Studi Kasus Rumah Potong Unggas PT Gambir Sejahtera Utama, Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Nafiatul Mufida, NIM. 126402202132, pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsumsi akan daging ayam potong yang semakin meningkat disetiap tahunnya. Dalam mengkonsumsi daging ayam harus diketahui tingkat kehalalannya. Walaupun ayam tersebut halal untuk kita konsumsi namun apabila proses pengolahannya tidak dilakukan dengan cara halal maka ayam tersebut dikategorikan makanan yang haram. Untuk menjamin kehalalan daging dan hasil sembelihan, terdapat peran Juru sembelih halal. Dan praktik penyembelihan oleh Juleha ini digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal. Fokus masalah skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan standar hewan yang disembelih oleh Juru Sembelih Halal PT Gambir Sejahtera untuk meningkatkan kepuasan pelanggan daging ayam potong? (2) Bagaimana penerapan standar proses penyembelihan oleh Juru Sembelih Halal PT Gambir Sejahtera Utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan daging ayam potong? (3) Bagaimana penerapan standar pengolahan, penyimpanan, dan pengiriman oleh Juru Sembelih Halal PT Gambir Sejahtera Utama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan daging ayam potong?. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan penelitian studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan standar hewan yang disembelih sudah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan juru sembelih yang selalu menyortir ayam serta ayam yang datang sudah diletakkan ketempat penampungan khusus untuk memastikan ayam masih sehat sebelum disembelih. (2) Penerapan standar proses penyembelihan sudah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan juru sembelih yang sudah menyebut nama Allah SWT ketika akan menyembelih dan memotong urat kehidupan ayam dengan tindakan yang cepat tanpa menggunakan pemingsanan serta mendiamkan ayam selama 4-5 menit untuk memastikan ayam mati karena sembelihan (3) Penerapan standar pengelolaan, penyimpanan dan pengiriman sudah diterapkan dengan baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan juru sembelih yang memastikan ayam mati karena sembelihan dan selalu memeriksa kondisi daging ayam. Tempat penyimpanan dipastikan bersih serta saat pengiriman selalu menyertakan informasi dan jaminan kehalalan daging ayam potong. Kata Kunci: Penyembelihan, Halal, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202132 NAFIATUL MUFIDA
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:11
Last Modified: 05 Sep 2024 01:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52708

Actions (login required)

View Item View Item