IMPLEMENTASI METODE AT-TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN MINAT AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI SDIT AL-ARIF NGEBRAK GAMPENGREJO KEDIRI

SALMA MALIKA FAJRIN, 126201201063 (2024) IMPLEMENTASI METODE AT-TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN MINAT AL-QUR’AN SISWA KELAS V DI SDIT AL-ARIF NGEBRAK GAMPENGREJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (860kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode At-Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDIT Al-Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri” ditulis oleh Salma Malika Fajrin, dengan NIM. 126201201063, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Metode At-Tartil, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an menggunakan metode At-Tartil dengan benar. Dikarenakan membaca dan mempelajari Al-Qur’an memerlukan metode yang didukung dengan sarana dan prasarana yang baik. Salah satu metode praktis yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah metode At-Tartil. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk membahas tentang Implementasi metode At-Tartil dalam meningkatkan kemampuan baca dan minat Al-Qur’an siswa di SDIT Al-Arif Ngebrak Gampengrejo Kediri. Tujuan dalam penelitian ini diantaranya (1) Untuk mengetahui persiapan membaca Al-Qur’an menggunakan metode At-Tartil. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode At-Tartil yang digunakan dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan makhorijul huruf dan kaidah tajwid. (3) Untuk mengetahui evaluasi metode at-tartil pada baca dan minat Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya ada reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada persiapan pembelajaran At-Tartil, Guru menertibkan dan mengatur kondisi kelas, guru juga mempersiapkan alat peraga At-Tartil untuk melaksanakan pembelajaran. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran At-Tartil, Guru dan siswa berdoa sebelum belajar bersama-sama. Kemudian guru menjelaskan tujuan pembelajaran, Guru mencontohkan cara membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tartil yang benar kemudian ditirukan oleh siswa, Setelah itu, siswa maju satu persatu pada guru untuk setoran jilid/Al-Qur’an dengan menggunakan metode At-Tartil dan makharijul huruf yang baik disertai kaidah ilmu tajwidnya. (3) Pada evaluasi pembelajaran metode At-Tartil, evaluasi Terdapat 3 tekhnik evaluasi yang digunakan di SDIT Al-Arif, diantaranya : (1) Evaluasi Formatif, yaitu dilakukan setiap akhir pelaksanaan pembelajaran dengan cara guru menunjuk siswa secara acak untuk membaca Jilid/Al-Qur’an. (2) Evaluasi Sumatif, yaitu evaluasi kenaikan jilid yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. (3) Evaluasi tingkat akhir, yaitu evaluasi dari jilid ke marhalah yang dilaksanakan oleh kantor pusat koordinator At-Tartil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201063 SALMA MALIKA FAJRIN
Date Deposited: 05 Sep 2024 08:46
Last Modified: 05 Sep 2024 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52735

Actions (login required)

View Item View Item