MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH ALIYAH PLUS KETRAMPILAN ( Studi Multisitus MAN 1 Kota Kediri dan MAN 3 Nganjuk)

ANA MINNISWATIL MAGHFIROH, 1880501220063 (2024) MANAJEMEN STRATEGI DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH ALIYAH PLUS KETRAMPILAN ( Studi Multisitus MAN 1 Kota Kediri dan MAN 3 Nganjuk). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci; Manajemen Strategi, Madrasah Aliyah Ketrampilan, Mutu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi dalam meningkatkan mutu Madrasah Aliyah dengan fokus pada keterampilan di MAN 1 Kota Kediri dan MAN 3 Nganjuk. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah agar mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul dalam aspek akademis tetapi juga memiliki keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Dalam konteks ini, manajemen strategi menjadi kunci untuk mengoptimalkan potensi madrasah dan siswanya. Penelitian ini mefokuskan pada pertanyaan-pertanyaan terkait bagaimana proses formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi dilakukan di kedua madrasah tersebut. Fokus utama adalah untuk memahami bagaimana visi dan misi disusun dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti kepala madrasah, tim pengembang, dan guru, serta bagaimana strategi-strategi seperti peningkatan kualitas sumber daya manusia, optimalisasi sarana prasarana, dan kemitraan dengan alumni diimplementasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi multisitus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumentasi. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif dan mendalam mengenai dinamika yang terjadi di lapangan serta bagaimana strategi-strategi tersebut diterapkan dan dievaluasi di kedua madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perumusan visi dan misi di kedua madrasah melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan didasarkan pada Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan supervisi. 2) Implementasi strategi mencakup peningkatan kualitas SDM keterampilan, optimalisasi sarana prasarana, program magang untuk peserta didik, pengembangan branding, dan kemitraan dengan alumni. 3) Evaluasi mengungkap beberapa kendala seperti penggunaan alat yang kurang optimal, sinergi antar guru yang perlu ditingkatkan, keterbatasan biaya, dan kuota peserta didik yang terbatas. Rekomendasi yang diberikan meliputi peningkatan sinergi antar guru, penguatan program sertifikasi, peningkatan koordinasi, dan kemitraan dengan industri. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu madrasah dan keterampilan siswa secara holistik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Sumber Daya Manusia
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220063 ANA MINNISWATIL MAGHFIROH
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:30
Last Modified: 27 Sep 2024 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52849

Actions (login required)

View Item View Item