SITI MARDIYAH, 2811133243 (2017) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (471kB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
BAB 5.pdf Download (331kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Mardiyah, NIM. 2811133243, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Salah satu model pembelajaran kooperatif yang banyak dikenal untuk membantu siswa memahami dan mengingatkan materi yang mereka baca dan tulis adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) yakni model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis. Model pembelajaran ini merupakan bentuk kegiatan dalam pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, mengembangkan kemampuan berfikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan model pembelajaran CIRC sesuai dengan indikator keberhasilan pembelajaran al-Qur’an Hadits yaitu kemampuan menulis dan membaca al-Qur’an sesuai tajwid dan pemahaman terhadap kandungan ayat al-Qur’an/hadits. Selain itu, penggunaan model pembelajaran CIRC pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits merupakan hal yang baru dan menarik, karena metode yang sering dipakai pada mata pelajaran ini adalah metode konvensional, yaitu ceramah dan hafalan. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan pengenalan konsep pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi model CIRC dalam tahapan eksplorasi dan aplikasi pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan publikasi pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan pengenalan konsep pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung; (2) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan eksplorasi dan aplikasi pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung; (3) Untuk mengetahui implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan publikasi pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTsN Ngantru Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, pembahasan teman sejawat serta triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian di MTsN Ngantru Tulungagung tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yakni: (1) Implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan pengenalan konsep adalah ceramah singkat namu padat di awal pembelajaran untuk menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa dan menjelaskan garis besar materi, sumber belajar meliputi guru, buku paket al-Qur’an Hadits dan modul siswa, media yang digunakan adalah LCD dan papan tulis untuk mempermudah menyajikan materi dan peta konsep, tujuan pada tahapan ini agar siswa mempunyai konsep (pemahaman) awal yang diperlukan untuk mengikuti tahap selanjutnya; (2) Implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan eksplorasi dan aplikasi adalah diskusi kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa, mereka saling bekerja sama dan bertukar pendapat untuk menggali pengetahuan dan mencari ayat yang terdapat teori tajwid yang sesuai dengan pokok bahasanya, kemudian menerapkan pengetahuan mereka utuk mengulas materi yang akan disimpulkan dalam lembar kerja kelompok dan saling menyimak cara baca teman satu timnya; (3) Implementasi model pembelajaran CIRC dalam tahapan publikasi adalah presentasi kelompok (penyaji), peserta didik mengkomunikasikan hasil temuannya, audience (teman sekelas) menyimak, antar kelompok bisa saling mengoreksi, menanggapi, bertanya, maupun menambah jawaban, pada akhir pertemuan guru melakukan review untuk membahas kembali masalah yang muncul dan memberikan penguatan/meluruskan pemahaman siswa, serta membaca ayat secara klasikal dan membuat kesimpulan bersama-sama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133243 SITI MARDIYAH |
Date Deposited: | 20 Jun 2017 06:56 |
Last Modified: | 20 Jun 2017 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5288 |
Actions (login required)
View Item |