PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VII C SMPN 2 NGANJUK

M.KHOIRUL ANWAR, 12201193002 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS VII C SMPN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial Siswa kelas VII C SMPN 2 Nganjuk” ditulis oleh M. Khoirul Anwar NIM 12201193002, Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag. NIP. 19780318 200501 1 003 Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Sikap Spiritual, Sikap Sosial Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pendidikan tidak hanya sekedar mentransfer ilmu saja akan tetapi pendidikan juga membentuk sikap siswa, sikap spiritual dan sikap sosial. Saat ini terdapat banyak masalah tentang sikap spiritual dan sosial siswa sikap spiritual dan sosial pada anak dapat mengalami perubahan, baik berkembang atau bahkan menurun. Kondisi tersebut tidak menutup kemungkinan bisa disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya ialah faktor dari lingkungan sekitar. Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana bentuk konstribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial di SMPN 2 Nganjuk? 2) Bagaimana implikasi dari bentuk konstribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kompetensi sikap spiritual dan sosial di SMPN 2 Nganjuk? Metode penelitian pada skripsi ini adalah metode kualitatif deskriptif karena berdasarkan yang dipelajari oleh peneliti penelitian ini memerlukan pengkajian secara mendalam sehingga dapat menemukan realitas dari suatu obyek penelitian. Sumberdata penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan narasumber. Teknik analisis data menggunakan kondesasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian berdasarkan Teknik pengumpulan dan analisis data ini adalah sebagai berikut: 1) Bentuk kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap spiritual dan sikap sosial Siswa Kelas VII C di SMPN 2 Nganjuk, yaitu terdapat 4 aspek untuk sikap spiritual yaitu; (a) ketaatan Beribadah, (b) berdo’a,(c) toleransi, (d) bersyukur, kemudian untuk sikap sosial terdapat 6 aspek yaitu; (a) jujur, (b) disiplin, (c) tanggung jawab, (d) santun, ( e) peduli, (f) percaya diri 2) Implikasi dari bentuk kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap spiritual dan sikap sosial Siswa Kelas VII C di SMPN 2 Nganjuk yaitu; (a) adanya pengebangan, (b) peningkatan yang lebih baik padaiswa-siswi dalam sikap spiritual dan sikap sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193002 M.KHOIRUL ANWAR
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:26
Last Modified: 09 Sep 2024 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52962

Actions (login required)

View Item View Item