NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LAUT PASANG 1994 KARYA LILPUDU DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

DELA AYU PUSPITARANI, 126210202056 (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LAUT PASANG 1994 KARYA LILPUDU DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.PDF

Download (736kB)
[img] Text
ABSTRAK.PDF

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.PDF

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.PDF

Download (252kB)
[img] Text
BAB II.PDF
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.PDF
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV.PDF
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.PDF

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Laut Pasang 1994 dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA” ini ditulis oleh Dela Ayu Puspitarani, NIM 126210202056, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, analisis novel, relevansi pembelajaran Pendidikan karakter adalah upaya menanamkan karakter-karakter tertentu kepada siswa agar dapat menumbuhkan karakter khas dalam kehidupan mereka. Penanaman pendidikan karakter pada siswa sangatlah penting. Maraknya kasus yang menimpa pelajar, seperti tawuran, pergaulan bebas, penyalahgunaan obat terlarang, tindakan asusila, perundungan antarpelajar, kekerasan siswa pada guru dan orang tua, serta kasus-kasus lain yang melibatkan siswa menjadi indikator lemahnya pendidikan karakter pada mereka. Penanaman pendidikan karakter tidak bisa hanya sekadar mentransfer ilmu pengetahuan atau melatih suatu keterampilan tertentu. Penanaman pendidikan karakter perlu proses, contoh teladan, dan pembiasan atau pembudayaan dalam lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel “Laut Pasang 1994” dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter pada novel “Laut Pasang 1994” terhadap pembelajaran sastra, khususnya pada materi menganalisis isi novel di SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel “Laut Pasang 1994”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis data dengan melakukan kajian terhadap novel “Laut Pasang 1994” dan menganalisis isi di dalamnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat temuan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel “Laut Pasang 1994” karya Lilpudu. Nilai-nilai tersebut adalah sebagai berikut, yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai kerja, nilai kreatif, nilai mandiri, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat atau komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, dan nilai tanggung jawab. Hasil penelitian juga menunjukkan jika nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut cukup relevan dengan pembelajaran sastra di SMA dengan materi menganalisis isi novel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202056 DELA AYU PUSPITARANI
Date Deposited: 21 Sep 2024 06:21
Last Modified: 21 Sep 2024 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52972

Actions (login required)

View Item View Item