ANANDA ELATU USBAH, 12306193129 (2024) LAYANAN INFORMASI KARIR BERBASIS FIELD TRIP DI SMK NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan informasi karir berbasis field trip pada peserta didik di SMK Negeri 2 Trenggalek. Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kegiatan field trip di SMK Negeri 2 Trenggalek peserta didiknya masih mengalami situasi dan kondisi serta pola pikirnya beranggapan kegiatan field trip adalah kegiatan yang hanya bersenang-senang atau tamasya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pelaksanaan layanan informasi karir di sekolah tersebut, sementara wawancara dilakukan dengan guru bimbingan konseling sebagai informan utama dan peserta didik sebagai informan pendukung. Dokumentasi digunakan sebagai data pendukung. Analisis data dilakukan dengan metode analisis data menurut Miles dan Huberman, yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Bimbingan Konseling (BK) sangat signifikan dalam memberikan layanan informasi untuk mengembangkan kemampuan perencanaan karir peserta didik. Guru BK telah berhasil mengintegrasikan layanan informasi karir ke dalam program bimbingan karir di sekolah, dengan melibatkan metode field trip sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan pemahaman karir siswa. Metode field trip merupakan suatu kegiatan mengajar dengan cara mengajak peserta didik ke suatu tempat atau objek diluar sekolah guna mempelajari atau menyelidiki dan meninjau lapangan kerja supaya peserta didik mendapatkan ilmu tambahan dari pengajaran secara modern yang memanfaatkan lingkungan nyata, membuat apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan masyarakat sehingga peserta didik dapat lebih merangsang kreativitasnya secara luas. Proses pelaksanaan layanan tersebut terstruktur dengan baik, dan guru BK menunjukkan komitmen yang tinggi dalam memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta didik. Metode field trip membantu peserta didik memahami bakat dan minat mereka, serta merencanakan karir masa depan dengan lebih baik. Dengan bimbingan yang konsisten selama 6 bulan, peserta didik dapat membuat keputusan karir dengan lebih mudah dan tepat. Kata kunci: Bimbingan Konseling, Informasi Karir, Field Trip
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Karir |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 12306193129 ANANDA ELATU USBAH |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:02 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53008 |
Actions (login required)
View Item |