MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN 3 BLITAR

MOHAMMAD HIDAYATULLAH, 12207193069 (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Mohammad Hidayatullah, NIM: 12207193069. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Karakter Religius, Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran lembaga pendidikan dan manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter religius siswa agar memiliki etika dan tata krama yang baik serta taat dalam beragama. Dalam menumbuhkan karakter religius siswa perlu adanya wadah yang tepat serta pengelolaan yang baik agar mampu menyediakan wadah yang bermutu. Disinilah kemudian manajemen kesiswaan menjadi bagian penting yang tak mungkin untuk dipisahkan dengan dunia pendidikan dalam membentuk karakter religius siswa. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter reigius di MAN 3 Blitar?, (2) Bagaimana penerapan manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter reigius di MAN 3 Blitar?, 3) Bagaimana evaluasi manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter reigius di MAN 3 Blitar?, Adapun yang menjadi tujuan penelitiann ini adalah untuk mengetahui kegiatan perencanaan, penerapan dan evaluasi yang dilakukan oleh MAN 3 Blitar dalam membentuk karakter religius siswa MAN 3 Blitar. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, display data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan pendekatan triangulasi dan pendekatan berdasarkan lamanya waktu penelitian.. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) tahap pralapangan, (2) tahap pekerjaan lapangan, (3) tahap analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter religis siswa di MAN 3 Blitar pada tahapan perencanaan dimulai dari musyawarah awal tahun dan penerimaan peserta didik baru, program - program keagamaan yang masih relevan perlu untuk dilestarikan dan memodofikasi program keagamaan yang lebih baik itu menunjukkan adanya kemajuan dalam lembaga pendidikan seperti program baru disini yaitu MAN PK (Program Keagamaan) yang bekerja sama dengan pondok pesantren, program yang dihasilkan harus disetujui oleh kepala madrasah dan semua waka, staf maupun guru, agar dapat disosialisasikan kepada siswa (2) Penerapan manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 3 Blitar dilakukan sesuai dengan perencanaan dalam rapat awal tahun yakni dimulai dengan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) meliputi pengenalan program keagaman yang dilakukan oleh Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) terhadap siswa baru, program Senyum Salam Sapa Sopan Santun dan Tertib (5 ST), sholat dhuha dan sholat dzuhur berjama’ah, membaca asmaul husna serta membaca al quran merupakan program harian yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Adapun untuk yasin, tahilil dan infaq dilakukan setiap hari jum’at, SKUA sebagai materi siswa yang harus dipelajari dan dihafalkan untuk memperluas wawasan keagamaan dan MAN PK (Program Keagamaan) yaitu program baru yang berfokus pada hafalan Al Qur’an dan baca tulis kitab kuning yang berkolaborasi dengan pondok pesantren. pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam membentuk karakter religius siswa, madrasah bekerjasama dengan OSIM, wali kelas, dan semua staf, tim tata tertib dan satpam serta wali murid, kegiatan pembentukan karakter religius siswa dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran diri baik guru pendamping maupun siswa dalam menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing (3) Evaluasi program manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter religius siswa dengan melakukan pengecekan rutin buku absensi siswa dan buku tata tertib siswa yang dilakukan oleh tim tata tertib dan wali kelas, SKUA sebagai syarat ujian semester yang harus dipenuhi oleh setiap siswa, madrasah memiliki tolak ukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan kesiswaan dengan melihat prestasi siswa, kedisiplinan siswa dan meningkatnya akhlakul karimah siswa serta melakukan tindak lanjut dari hasil evaluasi program manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter religius siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193069 MOHAMMAD HIDAYATULLAH
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:38
Last Modified: 11 Sep 2024 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53055

Actions (login required)

View Item View Item