SILVINA FATIMAH, 12205173322 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPAS KELAS IV MATERI SISTEM PANCA INDERA MANUSIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI MI NASYATUTTHOLIBIN KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
ABSTRAK Fatimah, Silvina. 12205173322. 2024. “Pengembangan E-Modul IPAS Kelas IV Materi Sistem Panca Indera Manusia Berbasis Kurikulum Merdeka Di MI Nasyatuttholibin Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar“ Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing: Ali Amirul Mu'minin, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul IPAS, Kurikulum Merdeka Penggunaan bahan ajar IPAS pada materi panca indera terbatas pada bahan ajar cetak, seperti buku paket dan LKS yang monoton dan kurang menarik serta hanya berisi materi saja tanpa gambar dan video yang mendukung. Selain itu, guru belum memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran secara maksimal, seperti mengembangkan bahan ajar IPAS sendiri sesuai dengan kebutuhan siswa. Saat ini siswa dituntut dapat menemukan konsep sendiri dan mengembangkan pemahaman terhadap suatu masalah. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara aktif dan mandiri yaitu menggunakan E-Modul berbasis kurikulum merdeka berbantuan flip pdf professional. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengembangan e-modul IPAS kelas IV materi Sistem Panca Indera Manusia berbasis kurikulum merdeka di MI Nasyatuttholibin Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, (2) Mendeskripsikan tingkat validitas e-modul IPAS kelas IV materi Sistem Panca Indera Manusia berbasis kurikulum merdeka di MI Nasyatuttholibin Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, (3) Mendeskripsikan efektifitas e-modul IPAS kelas IV materi Sistem Panca Indera Manusia berbasis kurikulum merdeka dalam peningkatan hasil belajar siswa di MI Nasyatuttholibin Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Jenis penelitian ini adalah R&D model ADDIE. Namun, penelitian ini dibatasi hngga tahap development dikarenakan estimasi waktu, biaya, dan penyesuaian dengan kebutuhan. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh 1 dosen dan 1 guru. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas IV. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) E-Modul berbasis Kurikulum Merdeka berbantuan Flip Pdf Professional pada materi pancaindra kelas IV MI telah berhasil dikembangkan berdasarkan tahapan pengembangan model ADDIE yang selanjutnya dimodifikasi menjadi ADD. (2) Validitas E-Modul berbasis Kurikulum Merdeka berbantuan Flip Pdf Professional pada materi pancaindra kelas IV MI yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan persentase 93,4% berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan 83,3% berdasarkan ahli media. (3) Respon siswa terhadap E-Modul berbasis Kurikulum Merdeka berbantuan Flip Pdf Professional pada materi pancaindra IV MI yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 89,98% berdasarkan hasil uji coba terbatas terhadap 10 siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173322 SILVINA FATIMAH |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 02:13 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53071 |
Actions (login required)
View Item |