Sudibyo, Beny (2014) pengembangan dan pemanfaatan sumber belajar buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Tulungagung. [ Skripsi ]
|
Text
01 cover.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
bab inti (bab1,2,3,4,5).pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: pengembangan dan pemanfaatan, buku ajar PAI, proses belajar mengajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pada era globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang secara pesat dari hari ke hari. Sehubungan itu maka sumber belajar apapun akan mengalami perubahan. Dalam hal ini peneliti merasa penting dan tertarik untuk meneliti sumber belajar buku ajar PAI dalam hal pengembangan dan pemanfaatannya di SMPN 1 Tulungagung. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kriteria pengembangan buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 tulungagung? (2) bagaimana cara pengembangan buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Tulungagung? (3) bagaimana pemanfaatan sumber belajar buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria pengembangan buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Tulungagung. Mengetahui cara pengembangan buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Tulungagung. Serta mengetahui pemanfaatan sumber belajar buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Tulungagung. Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat secara teoritis untuk memperkokoh kajian tentang pemahaman pengembangan dan pemanfaatan buku ajar PAI dalam proses belajar mengajar serta dapar memberi masukan, sebagai referensi atau rujukan pada sisi pengembangan pendidikan Islam tentunya. Dan secara praktis bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan proses belajar mengajar. Bagi peneliti dalam kegunaan praktis adalah untuk menambah pengetahuan, pengalaman, dalam upaya peningkatan mutu belajar mengajar. Adapun pendekatan dan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini berusaha mengungkap data deskriptif secara alamiah yang diperoleh melalui data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan maupun dokumen-dokumen lainnya yang mendukung. Jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Wawancara untuk memperoleh informasi dari beberapa informan, sumber-sumber informan disini peneliti menggunakan purposive sampling. Sedangkan observasi partisipan dan dokumentasi untuk menggali data tentang keadaan sekolah. Pemeriksaan keabsahaan data menggunakan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Hasil menunjukkan bahwa kriteria buku ajar PAI adalah ekonomis atau tidak terlalu mahal serta dapat diperoleh dengan mudah sesuai dengan tujuan instruksional belajar. Cara pengembangan dalam buku PAI di SMP 1 Tulungagung berkembang dengan baik ini ditunjukkan dengan adanya beberapa workshop, pemilihan MGMP bidang PAI, serta perbaikkan buku ajar PAI setiap tahunnya. Pemanfaatan buku ajar dalam proses belajar mengajar para guru memberikan motivasi yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan guru sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat terlaksana dengan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 10 Dec 2014 06:42 |
Last Modified: | 10 Dec 2014 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/531 |
Actions (login required)
View Item |