NENI MARLINA, 126201203339 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 6 SUDIMORO PACITAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (742kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan”, ini ditulis oleh Neni Marlina, NIM. 126201203339, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius Di zaman sekarang ini pendidikan karakter mempunyai pengaruh yang sangat besar, karena pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang harus ditanamkan sejak dini. Dalam upaya untuk membentuk karakter yang baik maka tidak terlepas dari peranan guru khususnya bagi guru pendidikan agama Islam (PAI), karena guru PAI pasti lebih memahami tentang ilmu keagamaan yang dapat membentuk karakter siswa yang baik dan dekat kepada Allah SWT. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana penanaman strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan?; 2) Bagaimana upaya strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan?; dan 3) Bagaimana hasil upaya strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan? Tujuan penelitian: 1) Untuk menganalisis penanaman strategi guru PAI untuk membentuk karakter religius siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan; 2) Untuk menganalisis upaya strategi guru PAI untuk membentuk karakter religius siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan; dan 3) Untuk menganalisis hasil upaya strategi guru PAI untuk membentuk karakter religius siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif dan pendekatan studi kasus (case study). Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembentukan karakter religius siswa yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam (PAI) di SMPN 6 Sudimoro Pacitan diimplementasikan melalui bentuk pembiasaan dan ajakan (mengajak) atau keteladan; 2) Dalam upaya membentuk karakter religius siswa di SMPN 6 Sudimoro Pacitan dipengaruhi oleh faktor pendukung yang terdiri dari faktor kesadaran atau naluri siswa, faktor sarana prasana di sekolah dan faktor lingkungan (utamanya lingkungan keluarga). Sedangkan faktor penghambat dalam upaya membentuk karakter religius siswa SMPN 6 Sudimoro Pacitan terdiri dari faktor lingkungan, faktor kesadaran, dan latar belakang keluarga; dan 3) Hasil atau dampak dari strategi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter religius siswa SMPN 6 Sudimoro Pacitan adalah meningkatkan karakter religius siswa yang mana hal ini terlihat dari siswa yang menjadi terbiasa untuk melakukan perilaku yang baik, seperti selalu bersalaman dan menyapa ketika bertemu dengan guru, aktif melaksanakan sholat berjamaah di sekolah, dan aktif mengikuti ekstrakurikuler hadrah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203339 NENI MARLINA |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:03 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53120 |
Actions (login required)
View Item |