IMPLEMENTASI TOILET TRAINING DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI USIA 2-3 TAHUN DI KB PAUD AISYIYAH NGUNUT

FITRIYA RATNASARI, 126206203082 (2024) IMPLEMENTASI TOILET TRAINING DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI USIA 2-3 TAHUN DI KB PAUD AISYIYAH NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ratnasari, Fitriya 2024. Implementasi Toilet Training Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Usia 2-3 Tahun di KB PAUD Aisyiyah Ngunut, Progam Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dika Putri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: Toilet Training, Kemandirian Anak Usia Dini Toilet training merupakan upaya pelatihan untuk mengontrol anak dalam buang air kecil atau buang air besar pada tempat yang sudah disediakan. Permasalahan yang ditemukan dalam penerapan toilet training masih menjumpai anak yang memakai popok atau diapers. Selain itu, ada beberapa anak usia dini yang masih buang air besar atau buang air kecil sembarangan. Disebabkan oleh kegagalan toilet training anak usia dini karena pengetahuan dan sikap orang tua yang masih meremehkan pelatihan toilet training pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: a.) Mendeskripsikan tahapan implementasi toilet training pada anak usia dini usia 2-3 tahun di KB PAUD Aisyiyah Ngunut, b.) Mendeskripsikan upaya dalam melatih kemandirian anak usia dini usia 2-3 tahun di KB PAUD Aisyiyah Ngunut, c.) Mendeskripsikan factor penghambat yang mempengaruhi toilet training pada anak usia dini usia 2-3 tahun di KB PAUD Aisyiyah Ngunut, d.) Mendeskripsikan penerapan toilet training pada anak usia dini usia 2-3 tahun di KB PAUD Aisyiyah Ngunut, e.) Mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia dini usia 2-3 tahun di KB PAUD Aisyiyah Ngunut. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di KB PAUD Aisyiyah Ngunut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan tahapan-tahapan penelitian. Hasil penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: a.) Tahapan implementasi toilet training anak usia 2-3 tahun yaitu memaparkan teknik-teknik dalam proses pelatihan toilet training pada anak usia dini, b.) Upaya guru dalam melatih kemandirian anak usia 2-3 tahun yaitu mengajarkan anak supaya bertanggungjawab dalam dalam buang air kecil atau buang air besar pada tempat yang disediakan serta melatih emosional anak, c.) Faktor penghambat toilet training pada anak usia 2-3 tahun yaitu kurangnya pengetahuan orang tua dalam melatih anak untuk mandiri melakukan toilet training dan jangan memaksakan anak untuk melakukan toilet training jika anak belum siap. Hal ini jika tidak terlaksana dengan baik anak akan mempunyai gangguan eliminasi (ketidakmampuan berkemih), d.) Penerapan toilet training pada anak usia 2-3 tahun yaitu mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan dalam buang air kecil atau buang air besar serta mengajarkan anak untuk berkomunikasi kepada guru ketika hendak melakukan toilet training, e.) Hubungan pola asuh orang tua terhadap keberhasilan toilet training yaitu memberikan motivasi dan dorongan kepada anak supaya anak bisa mandiri dalam mengontrol buang air kecil atau buang air besar serta keterbukaan orang tua dalam berkomunikasi kepada anak. Sehingga terwujudnya keberhasilan dalam melakukan toilet training.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206203082 FITRIYA RATNASARI
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:11
Last Modified: 17 Sep 2024 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53147

Actions (login required)

View Item View Item